7 Makhluk Mitologi di Indonesia

Kekayaan Indonesia sangat beragam, mulai dari eksotika alam dan adat istiadatnya. Bahkan keberagaman suku dan ras-nya yang menciptakan berbagai kepercayaan termasuk mitos dan legenda di masyarakat.

Baca juga: Pesona Mata Biru Suku Buton

Makhluk mitologi adalah makhluk yang keberadaan didasarkan pada cerita-cerita kuno yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat.

Makhluk mitologi sendiri sering kali digambarkan sebagai sosok yang berbeda dengan makhluk lain pada umumnya, baik secara fisik maupun tingkah.

Namun cerita tentang makhluk mitologi berkembang di beberapa kawasan tertentu dari cerita turun temurun, kendati bukti keberadaannya sendiri sangatlah minim. 

Baca juga: Legenda Burung Api di Danau Aneuk Laot

Konon, bentuk dari makhluk legenda ini biasanya berbentuk seperti hewan maupun hasil perpaduan beberapa jenis binatang atau manusia.

Diantara banyaknya makhluk mitologi yang lahir dari berbagai daerah, berikut adalah 7 makhluk mitologi yang ada di Indonesia.

Aul

Ilustrasi Aul. Sumber: google image


Aul diyakini oleh sebagian orang hidup di sekitar lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah. Konon, Aul merupakan manusia sakti yang bisa menyatukan kembali anggota tubuhnya yang lepas. Namun pada suatu hari, ia dipenggal oleh seseorang di pinggir jurang yang sangat dalam hingga kepalnya tidak bisa diambil. Akhirnya, ia menggantinya dengan kepala serigala.

Ebu Gogo

Ilustrasi. Sumber: google image

Di Flores ada makhluk menyerupai manusia purba yang tingginya tak lebih dari 1 meter dan seluruh tubuhnya  tertutup bulu. Dikisahkan, dia memiliki mulut lebar, hidung besar, telinga sedikit terjuntai, dan jalannya bungkuk. Dalam Bahasa Flores Tengah Ebu artlnya nenek, sedangkan Gogo artinya makan apa aja. Walaupun Ebu Gogo bisa makan apa pun, namun kepercayaan masyarakat meyakini bahwa makanan favoritnya adalah bayi manusia.

Leak

Ilustrasi. Sumber: google image

Makhluk mitologi yang satu ini kerap muncul dalam kisah- kisah di masyarakat Bali dan digambarkan sebagai penguasa roh-roh jahat. Menurut masyarakat Bali, Leak merupakan jelmaan dari seorang  manusia yang mempraktekkan ilmu hitam.

Baca juga: Indonesia Cocok Jadi Destinasi Wisata Uji Nyali

Saat siang hari, ia hanya seorang manusia biasa. Namun ketika malam, kepala dan tubuhnya memisahkan diri dari tubuhnya guna mencari bayi untuk dimangsa.

Nabau

Ilustrasi. Sumber: google image

Berdasarkan legenda Suku Dayak di Kalimantan, ada hewan mirip ular berukuran super besar yang berada di dalam hutan. Nabau sering disebut punya tubuh yang lebar dengan panjang sekitar 30 meter. Konon katanya, hewan ini bukan makhluk biasa karena punya kekuatan supernatural.

Orang Pendek

Ilustrasi. Sumber: google image

Makhluk ini kabarnya ada di pedalaman hutan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatra. Tubuhnya dipenuhi bulu berwarna abu-abu, cokelat, atau hitam. 

Sama seperti hewan primata lainnya, Orang Pendek termasuk    pemakan segala. Orang Pendek disebut-sebut punya  kekuatan super yang bisa memotong sulur rotan dengan tangan kosong dan menarik pohon hingga ke akarnya.

Ahool

Ilustrasi. Sumber: google image

Di Pulau Seram, masyarakatnya percaya akan keberadaan makhluk menyerupai manusia atau primata yang bersayap dan hobi menculik anak kecil saat malam. Makhluk ini dikenal masyarakat Pulau Seram sejak abad ke-15. Menurut mereka, Ahool hidup di dalam gua-gua gunung api non aktif. Masyarakat menggambarkan, makhluk ini memiliki ketinggian sekitar 160 cm dan punya kulit merah dengan sayap hitam.

Orang Gadang

Ilustrasi. Sumber: google image

Orang Gadang adalah makhluk mitos yang berasal dari Sumatra, dengan ketinggian mencapai 12 meter. Bahkan makhluk ini ketap disebut sebagai Bigfoot atau Yeti-nya Indonesia. Konon katanya, banyak laporan dari orang-orang yang ketemu sama Orang Gadang. Makanan pokok Orang Gadang adalah tumbuh-tumbuhan. Orang Gadang juga dikenal pemalu. Makanya makhluk ini lebih sering keluar sarang di malam hari untuk menghindari interaksi dengan manusia.


Sumber: letsgohiking