Kisah Mistis di Balik Kemegahan Istana Bogor

Istana Bogor. Foto: Dok. Biro Pers Setpres

Fasilitas Kepresiden Republik Indonesia diantaranya adalah 6 istana yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya adalah Istana Bogor. Keunikan Istana Bogor ini adalah adanya sekelompok rusa di halaman istana yang agak mirip dengan White House di Washington DC ini. 

Namun di balik kemegahannya, Istana Bogor menyimpan sejumlah kisah misteri yang akan membuat bulu kuduk Anda merinding? Berikut Local Trip merangkum kisah misteri yang ada di Istana Bogor.



Noni Belanda di Halaman Istana

Ilustrasi penampakan noni Belanda. Foto: istimewa
Menurut penjaga istana dan petugas kebersihan, di halaman istana terdapat hantu noni Belanda yang kerap berkeliaran pada malam hari. Hantu noni ini menggunakan gaun panjang yang populer pada zaman kolonial dan kerah bajunya sangat tinggi.

Hantu ini sering terlihat berjalan-jalan di halaman istana, terutama di dekat kolam. Dalam penampakannya, noni Belanda ini selalu berjalan-jalan sambil membawa payung. Lebih menyeramkan lagi, si noni kadang terlihat berjalan di atas air kolam.

Baca juga: Aksi Aneh Cipto Mangunkusumo

Patung yang Bergerak

Salah satu patung di Istana Bogor
Di dalam Istana Bogor terdapat 360 buah patung karya seniman, dari dalam maupun luar negeri. 

Menurut pengakuan penjaga istana, mereka sering mendengar suara-suara ribut seperti orang menggeser patung. Padahal, tidak ada seorang pun yang menggeser patung karena hari sudah malam. Petugas penjaga Istana Bogor juga sering menemukan patung pegasus dari Swedia yang berubah arah maupun posisi. Tak hanya patung pegasus saja yang berpindah posisi, tetapi juga terjadi pada patung orang telanjang.



Kegaduhan di Perpustakaan

Misteri Istana Bogor berikutnya terjadi di ruang perpustakaan yang memiliki interior klasik.

Di perpustakaan, petugas sering mendengar suara gaduh di dalam ruangan. Sesekali orang-orang yang melintasi bagian depan perpustakaan sering mendengar bisikan-bisikan halus yang tidak jelas.

Keangkeran Istana Bogor semakin mengerikan tatkala petugas kebersihan yang rutin, dua kali dalam seminggu, selalu membersihkan ruang perpustakaan. Menurut petugas di sana ketika jadwal pembersihan, selalu ada satu buku yang tergeletak di lantai atau meja. Padahal, tak ada satupun orang yang dapat memasuki perpustakaan itu. 

Jeritan dan Tangisan 

Istana Bogor adalah saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Istana ini sudah ada sejak tahun 1800-an dan digunakan sebagai tempat tinggal para Gubernur Jenderal Hindia Belanda. 

Baca juga: Kisah Pilu Dibalik Keindahan Ranu Grati

Ada mitos bahwa ruang bawah tanah istana ini digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian tahanan Belanda kala itu. Konon korban-korban penyiksaan juga dikubur di dinding-dinding ruangan Istana Bogor. 

Pengalaman mendengar jeritan dan tangisan di Istana Bogor ini tidak hanya dialami oleh penjaga dan penghuni istana saja. Tetapi, sebagian besar pengunjung yang datang ke istana ini juga pernah mendengar suara-suara tersebut. Padahal pihak istana melarang pengunjung untuk memasuki ruang bawah tanah.

Kamar Bung Karno

Isu mengenai keangkeran kamar Presiden Soekarno ini pernah dibenarkan oleh Ibu Hartini, salah satu istri Ir. Soekarno.

Kamar yang pernah ditempati Ir Soekarno

Beliau mengatakan bahwa ada makhluk tak kasat mata yang menjaga kamar tersebut. Ibu Hartini juga pernah melihat “tamu” gaib tersebut masuk ke dalam kamar Ir. Soekarno dengan menembus pintu. 

Ular Raksasa di Danau Gunting

Danau Gunting
Bagi sobat triper yang pernah mengunjungi Istana Bogor atau Kebun Raya Bogor, pasti tahu jika istana kepresidenan berbatasan langsung dengan Kebun Raya Bogor. Dari arah Danau Gunting yang berada di Kebun Raya Bogor sobat triper bisa melihat Istana Bogor. Begitu pula sebaliknya.

Di siang hari, Danau Gunting terlihat sebagai tempat yang asri dan menyejukkan mata. Banyak pengunjung kebun raya yang duduk-duduk santai di tepi danau ini. Namun di malam hari Danau Gunting menjadi terlihat dingin dan angker.

Keangkeran danau ini juga dibenarkan oleh paranormal yang mengatakan, ada ular raksasa yang mendiami danau tersebut. Konon tidak sedikit pula pengunjung yang pernah diganggu oleh penampakan ular raksasa ini.


Artikel ini disusun dari berbagai sumber