Pesona Mata Biru Suku Buton

Sumber: ig @geo.rock888

Penduduk Indonesia umumnya memiliki kulit sawo matang dengan bola mata hitam atau coklat tua.

Namun, tahukah sobat bahwa ada beberapa orang Indonesia yang memiliki bola mata berwarna biru?

Baca juga: Penampakan Galaksi Bima Sakti Saat Nyepi

Orang Indonesia bermata biru ini bermukim di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. 

Sekilas, perawakan dan warna kulit mereka tidak ada bedanya dengan orang-orang Indonesia lainnya - lain halnya ketika kita memandang matanya, pasti akan terpukau oleh iris mata berwarna biru yang dimiliki beberapa dari mereka.

Ternyata, mata biru tersebut disebabkan oleh kelainan genetik langka bernama Waardenburg Syndrome yang juga mempengaruhi warna kulit, rambut, dan bentuk wajah anak sejak lahir.

Jika biasanya seseorang memiliki warna iris yang sama di kedua matanya, beberapa penduduk Suku Buton memiliki warna berbeda, misalnya warna biru di mata sebelah kanan dan warna hitam di mata kiri.

Baca juga: Melongok Kampung 'Bule' di Garut

Dibalik keunikan ini, penderita Waardenburg Syndrome memiliki mata yang sangat sensitif terhadap cahaya sehingga mereka tidak dapat melihat dengan nyaman di bawah terik matahari dan cahaya terang lainnya, hingga dapat mengeluarkan air mata.

Sebaliknya, mereka ini mampu melihat di kegelapan dengan sempurna secara detail layaknya orang dengan mata normal di siang hari.

Belum diketahui bagaimana sindrom ini bisa terjadi pada 1 dari 40.000 orang penduduk asli Suku Buton.

Pesona mata biru menyala milik anak-anak Suku Buton tersebut menjadi viral di jagat media sosial berkat potret milik seorang fotografer bernama Korchnoi Pasaribu yang ditampilkan di akun Instagramnya, @geo.rock888.

Saat itu dia mengajak beberapa anak Suku Buton untuk menjadi model fotonya yang dikemas dengan konsep yang sungguh apik dan mampu memperlihatkan cantiknya mata biru yang dimiliki anak-anak itu beserta alam di sekitarnya.


Sumber foto:  @geo.rock888