Penampakan Galaksi Bima Sakti Saat Nyepi Ramaikan Media Sosial

Penampakan Galaksi Bima Sakti di Bali saat Nyepi. Foto: detikcom


Foto penampakan bintang bertebaran dan terlihat jelas di langit saat malam tepat pada Hari Raya Nyepi di Bali, Minggu (14/3) viral di media sosial.

Baca juga: Rekaman Video Burung Bermulut Lebar Ramaikan Jagat Maya

Penampakan itu sering disebut fenomena Milky Way atau galaksi Bimasakti seperti taburan bintang menyala di langit ketika tidak ada pengaruh cahaya yang dominan.

Dilansir dari Merdeka.com, Iman Faturahman selaku Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar Bali, pada Senin (15/3) menjelaskan fenomena milky way atau arasi Bintang Bimasakti itu akan terlihat lebih baik bila tidak ada pengaruh cahaya lain misalnya juga dari bulan. 

Baca juga: Viral Ikan Berwajah Mirip Manusia 

"Kebetulan, pada saat Nyepi, tidak ada cahaya yang nyala. Sehingga, benar-benar bersih di angkasa dan langit cerah," katanya.

Iman juga mengatakan bahwa fenomena itu tidak hanya terjadi pada malam Nyepi dan kadang juga terjadi di Bulan Juni sampai November ketika musim kemarau.

Namun, imbuhnya, BMKG tidak melakukan kajian terkait peristiwa tersebut. Penjelasan lebih lengkap bisa diterangkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).


Artikel ini disusun dari berbagai sumber