Rekaman Video Burung Bermulut Lebar Ramaikan Jagat Maya

Tangkapan layar video burung paruhkodok


Sebuah video yang merekam burung mirip kayu tengah bertengger di sebuah pohon, viral di jagat media sosial.

Baca juga: Elang Jawa Termonitor di Resort PTN Sarongge

Awalnya video itu diunggah akun TikTok @endet98, yang kemudian dibagikan ulang oleh sejumlah akun di berbagai media sosial. 

“Ini burung, ini sudah lama di sini. Ada yang tau ini burung apa? Saya juga nggak tau ini burung apa temen-temen. Cari info ini burung apa? Barangkali ini burung berharga. Ini sama anaknya kecil,” ujarnya dalam video sembari memperlihatkan seekor burung yang sangat mirip dengan kayu namun menunjukkan mulut yang membuka dan menutup.

Dalam video itu terlihat, ada seekor burung dan seekor anak burung berukuran kecil berwarna abu-abu. 

Hingga Jumat (12/3/2021) siang, video itu telah dilihat lebih dari 9 juta kali dan mendapat lebih dari 20 ribu komentar.

Baca juga: Burung Legendaris Asal Jawa yang Terancam Punah

Dilansir dari kompas.com, peneliti burung di Pusat Penelitian Biologi-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tri Haryoko, mengatakan, burung yang sedang viral itu bernama Paruhkodok Tanduk atau disebut juga Sunda Frougmouth.

Tri menyebutkan, burung ini memiliki nama latin Batrachostomus cornutus dan bersifat nokturnal (aktif pada malam hari).

Burung Paruhkodok Tanduk bersifat monogami. Induk jantan dan betina juga akan bersama-sama berpartisipasi merawat anaknya mulai dari membuat sarang, mengerami, maupun memberi makan anaknya.

Tri juga menjelaskan, burung tersebut memiliki warna bulu yang seringkali samar dengan batang pohon sehingga tak terlihat oleh pemangsanya.

“Burung ini sudah jarang dijumpai. Siapa pun yang menemukan burung ini, agar membiarkan burung tersebut hidup bebas di alam. Biarkan burung hidup bebas di alam, adalah salah satu peran masyarakat dalam menjaga kelestariannya,” pungkas Tri.

Berikut rekaman video yang viral tersebut.


Artikel ini disusun dari berbagai sumber. 

Sumber video: tribunjateng