Bonggol Pohon Pisang Berukuran 3 Meter Ditemukan Warga di Kudus

Bonggol pisang berukuran 3 meter di Kudus. Foto: detikcom


Sebatang pohon pisang unik ditemukan warga Kelurahan Purwosari Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Betapa tidak, bonggol tanaman pisang yang ditemukan warga ini berukuran hingga tiga meter.

Baca juga: Momala, Jagung Lokal Berwarna Ungu dari Gorontalo

Bonggol pisang berukuran panjang itu tumbuh di pekarangan belakang rumah milik Junaidi warga Kelurahan Purwosari yang ditemukan pada pertengahan Februari 2021.

Dilansir dari detikcom, bonggol pohon pisang berwarna kecokelatan itu berada di tanah galian warga. 

Pemilik pekarangan Junaidi mengatakan dulunya di pekarangan miliknya ditanami pohon pisang jenis sobo. Lamban laun tanaman pisang itu tumbuh besar. Hingga akhirnya pada pertengahan Februari 2021 ditebang dan digali, sehingga ditemukan terdapat bonggol yang memiliki ukuran panjang.

Baca juga: Tanpa Kelelawar, Durian Tidak Akan Berbuah Lebat

Menurut Junaidi, biasanya bonggol tanaman pisang hanya memiliki ukuran sekitar 10 sentimeter sampai 50 sentimeter. Namun bonggol yang ditemukan memiliki ukuran sampai 3 meter.

Masih dilansir dari detikcom, Dosen Pertanian di Universitas Muria Kudus, Hendi Hendro menuturkan bonggol tanaman pisang yang memiliki ukuran panjang adalah hal yang langka. Menurutnya bonggol berbeda dengan akar, sebab tanaman pisang memiliki akar serabut.

Masih menurut Hendi, bonggol tanaman pisang yang ditemukan warga tersebut cukup langka. Apalagi panjangnya mencapai 3 meter.


Sumber: detikcom