Kebiasaan Unik Saat Ramadhan

Patrol saat waktu sahur. Foto: nu.or.id

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tentunya bulan puasa selalu disambut dengan begitu meriah.

Masyarakat Indonesia punya sejumlah kebiasaan unik saat bulan suci ramadhan tiba. Lantas apa saja kebiasaan unik tersebut? 

Baca juga: Menguak Kisah Larangan Jual Nasi di Desa Penimbun

Ziarah ke Makam Keluarga

Menurut berbagai catatan sejarah, ziarah ke makam atau dikenal dengan istilah nyekar menjelang bulan puasa adalah tradisi sejak zaman Wali Songo dan masih menjadi tradisi hingga sekarang.

Hal ini menunjukkan tingginya jiwa sosial di masyarakat. Tidak hanya peduli pada mereka yang masih hidup, namun juga masih teringat dengan sanak keluarga telah meninggal dunia.

Munggahan

Hari pertama puasa dianggap sebagai momen spesial. Lantas muncul tradisi yang dinamakan munggahan.

Keluarga besar akan berkumpul dan akan ditutup berbuka bersama dengan menu spesial.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner Tradisional Termurah di Yogyakarta

Patrol Sahur

Membangunkan orang untuk santap sahur dianggap hal yang baik dan berpahala. Hal ini yang kemudian memunculkan inisiatif mengadakan patrol alias berkeliling kampung dengan tujuan untuk mengingatkan warga agar bangun dan segera sahur.

Ngabuburit

Ngabuburit alias kegiatan menanti waktu buka puasa adalah salah satu kebiasaan yang tak pernah lepas dari masyarakat Indonesia. Bahkan kadang dilakukan sembari rekreasi di pinggir pantai atau nongkrong di kafe bersama keluarga maupun teman sembari berburu makanan untuk berbuka puasa.

Begitu adzan Magrib terdengar, suasana bakal semakin riuh ketika makan bersama. Rasanya ada kesenangan tersendiri jika bisa menikmati hidangan bersama sosok terdekat.

Takjil

Takjil adalah makanan atau minuman pembuka sebelum menikmati makan saat berbuka puasa.

Takjil berupa makanan atau minuman manis, bisa berupa kolak, es buah atau lainnya.

Takjil akan segera dinikmati saat adzan maghrib berkumandang. 

Kebanyakan orang, setelah menikmati takjil, lantas menunaikan ibadah sholat maghrib terlebih dahulu sebelum makan nasi dan lauk.


Penulis: tim localtrip