Indonesia Bagian Timur Bakal Alami Gerhana Bulan Parsial pada November 2021

Ilustrasi. Foto: infoastronomy


Indonesia Bagian Timur Bakal Alami Gerhana Bulan Parsial pada November 2021

Gerhana Bulan adalah fenomena langit ketika sebagian atau seluruh permukaan bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Pada 19 November 2021, sebagian wilayah Indonesia bagian timur akan mengalami gerhana bulan parsial.

Baca juga: 5 Fenomena Alam Aneh di Tata Surya Pada 2021

Puncak gerhana diperkirakan terjadi pada jam 18.02 WIT, dimana waktu itu 97% wajah bulan ditutupi bayangan bumi.

Dilansir dari Space, Gerhana bulan terjadi ketika bayangan bumi menghalangi cahaya matahari. Ada tiga jenis gerhana bulan yang terjadi, yakni total, parsial dan penumbral - dengan yang paling dramatis adalah gerhana bulan total, di mana bayangan bumi menutupi bulan sepenuhnya.

Melansir dari situs resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Peneliti Pusat Sains Antariksa, M. Zamzam Nurzaman, M.Si, menjelaskan, gerhana Bulan terjasi saat posisi Bumi, Bulan, dan Matahari sejajar sehingga cahaya Matahari yang sampai ke Bulan terhalang oleh bayangan Bumi dan Bulan terlihat lebih redup atau gelap.

Baca juga: Fenomena Bediding Melanda di Beberapa Daerah

Gerhana bulan parsial adalah kondisi ketika matahari, bumi, dan bulan tidak sejajar," menurut NASA.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ketika gerhana Bulan sebagian terjadi, sebagian permukaan Bulan berada di daerah penumbra dan sebagian lainnya mendapatkan sinar Matahari.



Artikel ini disusun dari berbagai sumber