5 Fenomena Alam Aneh di Tata Surya Pada 2021



Wisata Indonesia - kejadian aneh di tata surya merupakan fenomena alam yang langkah dan sangat menarik perhatian. terutama karena masih minimnya pengetauhan tentang tata surya dibanding luasnya angkasa yang tidak berujung. hampir setiap tahun selalu muncul fenomena-fenomena alam yang dapat diamati dari bumi. fenomena alam biasanya ada juga yang muncul kembali dengan periode hingga ratusan tahun kembali.
Berikut adalah fenomena alam di tata surya langkah dan aneh yang muncul pada tahun 2021.

1. The Grandest Canyon (Ngarai Terbesar di Tata Surya)
Pada tahun 2021, Valles Marineris di Mars masih akan menjadi celah terbesar di Tata Surya. Celah tersebut memiliki panjang hingga 3000 km, lebar hingga ratusan kilometer, dan kedalaman hingga 8 km. Pemandangan jurang terdalam ini paling baik diamati dari satelit karena jika Anda berada di salah satu jurang maka yang akan Anda lihat adalah jurang tak berujung (sangat mengerikan).

2. Venus Fold Mountain (Gunung yang Terlipat)
Sayangnya kita akan mengetahui lebih banyak tentang gunung lipat ini pada tahun 2030. Dari pengamatan astronomis, Venus sebenarnya memiliki ukuran dan kepadatan yang hampir sama dengan Bumi, namun mengapa lempeng tektonik dan aktivitas vulkanik hampir seluruhnya berbeda dengan Bumi? 
Bahkan aktivitas vulkanik sangat sedikit dibandingkan dengan bumi. Lalu bagaimana planet bisa menghilangkan panas dari inti planet. Ini tetap menjadi misteri yang akan terjawab pada tahun 2030.

3. Blasted Mercury (Ledakan di Merkurius)
Sebuah lubang besar yang disebut cekungan Caloris dengan diameter 1550km terbentuk di Merkurius akibat tabrakan dengan asteroid yang terjadi 3,5 miliar tahun lalu. Lubang tersebut kemudian terisi lahar karena di sekitar lubang tersebut terdapat aktivitas vulkanik yang akhirnya meletus dengan dahsyat dan sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan letusan gunung berapi di bumi.

Gambar di sebelah kanan menunjukkan bagaimana lubang diisi dengan lava oranye, area yang ditandai dengan kotak adalah area di mana ledakan terjadi. Gambar di kiri atas menunjukkan dari mana lahar keluar dan gambar di kiri bawah adalah tampilan lokasi ledakan yang diperbesar. Jadi ledakan ini terjadi bukan karena gunung berapi tetapi tumbukan asteroid yang menyebabkan lapisan datar merkuri meledak dengan dahsyat mengeluarkan lava. Bayangkan betapa dahsyatnya ledakan besar hingga 1550 km itu. Bom nuklir belum mampu mengalahkannya.

4. The Tallest Cliff (Tebing Tertinggi di Tata Surya)
Satelit Uranus, Miranda, memiliki tebing tertinggi yang disebut Verona Rupes. Jika dibandingkan dengan tebing tertinggi di dunia, Grand Canyon, tebing Verona Rupes jauh lebih tinggi karena tebingnya setinggi 10 km. Jika Anda ingin melompat dari tebing, Anda akan membutuhkan waktu 12 menit untuk jatuh. 
Untungnya, Anda masih aman karena gravitasi rendah dari satelit Miranda (jika menggunakan alat pelindung khusus).
5. Titan Drowned Coastline (Pantai yang Tenggelam)
Titan yang merupakan satelit terbesar Planet Saturnus memiliki penampakan yang unik dimana terdapat lautan yang terbuat dari lelehan metana. Jika di Bumi lautan adalah cekungan terestrial yang diisi dengan air, di Titan lautan adalah cekungan es yang diisi dengan metana cair. Foto di atas mirip dengan foto di sebelah kanan, yaitu lokasi pantai terendam di negara Oman yang disebut Semenanjung Musandam.