Eksplorasi Rumah Pengabdi Setan

Rumah pengabdi setan. Foto: tim local trip

Sebagian orang mungkin sudah tahu tentang film Pengabdi Setan karya Joko Anwar. Ya.. film bergenre horor ini mampu menembus 4,2 juta penonton layar kaca Indonesia dalam kurun waktu dua bulan. 

Berlokasi di daerah perkebunan teh daerah Pangalengan, latar tempat syuting film ini menjadikan sebuah rumah yang kini jadi objek wisata horor.


Pasca dijadikan lokasi film Rumah Pengabdi Setan, rumah milik PTPN VIII ini akhirnya dikelola untuk objek wisata horor yang menarik untuk dikunjungi. Rumah dua lantai ini bisa dikunjungi kapan saja namun harus memiliki izin dari pihak pengelola. 

Berikut Local Trip akan mengupas fakta tentang Rumah Pengabdi Setan yang bisa menjadi informasi bagi sobat triper sebelum mengunjungi rumah dengam nuansa mistis yang kuat.

Baca juga: Fenomena di Gedung Sate

Dari cerita yang beredar, rumah ini adalah milik seorang keluarga pada zaman penjajahan Belanda. Namun ada pula yang menceritakan bahwa rumah ini adalah bekas sebuah villa yang memang angker. Bahkan terdapat pula cerita mengenai keluarga yang menghuni rumah ini, lalu salah satu pembantunya meninggal dunia karena tersiram air panas.

Terlepas dari banyak cerita yang beredar, faktanya rumah ini milik pemerintah yang diperuntukkan untuk pejabat dinas perkebunan di PTPN VIII Kertamanah, dan dikelola oleh petugas yang merupakan karyawan Perusahaan Perkebunan itu.

Rumah ini terakhir dihuni pada tahun 2017 silam sebelum akhirnya dialihfungsikan menjadi sebuah objek wisata horor setelah menjadi lokasi syuting film Pengabdi Setan. Konon, saat syuting film, kejadian aneh juga sering terjadi, misalnya ada kru kesurupan atau perangkat yang tiba-tiba mati.

Perjalanan menuju rumah pengabdi setan. Foto: tim local trip

Berada di hamparan perkebunan teh, rumah horor ini lokasinya jauh dari pusat kota Bandung. Tak hanya itu, rumah yang terletak di daerah Pangalengan, ini juga jauh dari pemukiman warga. 

Untuk menuju lokasi rumah horor tersebut, sobat triper melalui jalan setapak menembus kebunan teh yang luas. Oleh sebab itu, rumah ini tidak bakal terlihat dari jalan raya.

Mengutip pernyataan beberapa warga, konon di rumah ini ada seorang wanita ‘penunggu’ yang kerap menampakkan diri pada warga sekitar perkebunan. Tak hanya itu, setiap menjelang malam juga sering terdengar suara-suara aneh di sekitar rumah horor itu.

Perapian di rumah pengabdi setan.
Foto: tim local trip

Demikian pula menurut beberapa orang yang pernah berkunjung, rumah ini mempunyai suasana mencekam dengan berbagai aroma mistis. 

Baca juga: Penampakan Aneh Kembali Terekam Kamera Google Maps

Tim Local Trip saat mengunjungi rumah horor itu juga merasakan nuansa mistis. Terutama saat berada dalam rumah itu, tim juga merasakan bulu kuduk merinding ketika memandang berbagai interior tua dua lantai itu, seperti foto-foto keluarga Belanda dan perabotan kuno lainnya.

Salah satu lorong di rumah pengabdi setan. Foto: tim local trip

Tim yang berjumlah 4 orang ini juga merasakan perbedaan suasana. Ada sebagian tim, merasa ada 'sosok' yang mengikuti setiap pergerakan. Ada pula anggota tim yang tiba-tiba mencium aroma wangi yang kuat.

Apakah sobat triper penasaran untuk mengeksplor rumah pengabdi setan ini?


Penulis: tim Local Trip