SMKN Rembang Launching Batik Tulis Ikonik Daerah

Kegiatan membatik di SMKN Rembang. Foto: ist

Menyambut hari ulang tahun ke-17, SMK Negeri Rembang Kabupaten Pasuruan mengadakan tasyakuran pada Selasa (22/03/2022) di aula sekolah.

Dalam kegiatan HUT sekolah yang dipimpin oleh Evi Ristiana A, M.Pd tersebut dihadiri oleh MKKS SMA/SMK di Kabupaten Pasuruan, alumni dan puluhan perwakilan dari sektor industri yang ada di Kabupaten/Kota Pasuruan.

Baca juga: Nikmatnya Kopi Sepoor Khas Pasuruan yang Menggoda Selera

Dalam sambutannya, Evi menjelaskan, dalam peringatan ulang tahun ke-17 ini, juga dibarengi dengan launching atau peluncuran produk SMKN Rembang yakni batik tulis dengan gambar dasar bunga sedap malam dan mangga alpukat yang merupakan ikon kecamatan Rembang.

"Bersama ini, kita akan me-launching batik tulis karya keluarga besar SMKN Rembang yang dikoordinir oleh guru Tata Busana, yaitu Bu Susi," terang Evi.

Batik produksi SMKN Rembang. Foto: ist

Gambar bunga sedap malam mengacu pada bunga yang menjadi ciri khas Kabupaten Pasuruan. Diketahui, bunga sedap malam menjadi salah satu komoditas pertanian warga di Kecamatan Rembang.

Baca juga: Kiat Bertahan IBC Hadapi Pembatasan Kegiatan Masyarakat Akibat Pandemi

"Setiap daerah selalu menonjolkan ciri khas. Karena itu, sekolah ini menggunakan sedap malam dan mangga alpukat, sebagai ciri khas batik produksinya," terangnya.

Tak hanya itu, imbuh Evi, bertepatan dengan peringatan HUT ke-17 pula, akan dilaunching hymne SMKN Rembang untuk meningkatkan kecintaan keluarga besar sekolah ini pada almamaternya.

"Untuk itu, terang Evi, semua guru dan siswa harus hafal hymne tersebut," ujar Evi.

Sementara, terkait kerjasama sekolah dengan sektor industri, Evi menekankan pentingnya hubungan pendidikan dan dunia industri.

Evi mengatakan para siswa SMK perlu terjun langsung ke dunia industri untuk menambah kompetensi.

Selama ini, masih kata Evi, SMKN Rembang berupaya meningkatkan sekolah yang berorientasi pada penerapan ilmu. Sehingga lulusannya kompeten dan terampil dalam bekerja. (qomar)