Nikmatnya Kopi Sepoor Khas Pasuruan yang Menggoda Selera

Kopi Sepoor. Foto: ist

Janganlah heran jika saat berkunjung ke Kota Pasuruan dan ingin menikmati kopi di warung mendapat pertanyaan, kopi Sepoor atau biasa? 

Bagi pecinta kopi di Pasuruan mungkin sudah sangat paham akan pertanyaan tersebut. Sebab kopi Sepoor telah dijual di warung-warung sejak puluhan tahun lalu.

Baca juga: Menguak Kisah Larangan Jual Nasi di Desa Penimbun 

Sebagian besar warung kopi di Kota Pasuruan ini menyediakan kopi (cap) Sepoor sebagai menu utama.

Mulai seputaran Alun-alun Pasuruan hingga di Pasar Poncol yang terletak pada kawasan wisata religi makam KH Abdul Hamid hampir semua warung menyediakan kopi Sepoor ini.

Tak sedikit penikmat kopi yang mengakui jika rasa kopi Sepoor sangat mantap karena dibuat dengan kopi murni tanpa campuran. Bahkan tidak perlu ahli kopi untuk membedakan rasa kopi ini dengan kopi pabrikan.

Baca juga: Sisi Lain Dibalik Keangkeran Alas Roban

Salah seorang pemilik warung di kawasan Alun-alun, sebut saja Eva, menuturkan, dia telah menjual kopi Sepoor selama bertahun-tahun. 

Menurut Eva, hampir semua pelanggannya memesan kopi Sepoor. "Kalau mau kopi lain, mereka akan ngomong. Tapi itu jarang ada," ucapnya.

Nah jika sobat triper bertandang ke Kota Pasuruan, bisa juga lho membawa kopi Sepoor untuk dinikmati bersama keluarga. Sebab, selain dijual dalam bentuk minuman, kopi ini juga tersedia dalam bentuk kemasan praktis yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. (*)


Penulis: tim localtrip