Arca Dwarapala Ditemukan Warga Saat Menggali Pondasi Gudang Masjid

Arca Dwarapala yang ditemukan warga. Foto: ist

Sebuah arca Dwarapala ditemukan warga Desa Podorejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, saat menggali tanah untuk membangun gudang masjid. Arca tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar 30 cm.

Baca juga: Patung Kuno Berbentuk Kera Ditemukan di Kabupaten Probolinggo

Diduga, selain arca tersebut, masih terdapat banyak arca lagi, di sekitar lokasi temuan. Sebab, di lokasi penemuan banyak ditemukan batu bata serta struktur bangunan kuno.

Dilansir dari Republika, Pamong Budaya Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kabupaten Tulungagung, Winarto menuturkan, arca yang memiliki tinggi 63 cm, lebar 34 cm dan tebal 30 cm ini ditemukan dengan kondisi tengkurap pada Sabtu (26/02/2022) lalu dan baru dilaporkan kemarin.

Dijelaskannya pula, secara keseluruhan kondisinya masih bagus, meski bagian wajah arca tampak sudah aus. 

Baca juga: Gua Butha di Bondowoso, Miliki Relief Buddha Terlengkap

Sementara itu, Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Tulungagung, Trijono menduga terdapat bangunan suci atau candi di sekitar lokasi temuan. 

Dugaan ini merujuk pada temuan Arca Dwarapala yang berfungsi sebagai penjaga sebuah bangunan suci seperti candi atau pertirtan. Terlebih di lokasi juga ditemukan batu bata kuno serta sebuah struktur bangunan. Arca Dwarapala ini diduga berasal dari era kerajaan Majapahit yang identik dengan penjaga sebuah daerah atau kawasan yang disucikan. Biasanya arca jenis ini ditemukan di area candi, petirtaan maupun bangunan suci lain.


Sumber: Republika