Patung Kuno Berbentuk Kera Ditemukan di Kabupaten Probolinggo

Foto: timesindonesia

Tiga buah arca atau patung kuno berbentuk kera, yang ditemukan Jamal (50) warga Dusun Bensungan, Desa Kaliacar, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur setahun lalu diserahkan ke Pemerintah Desa.

Jamal menceritakan, dia menemukan arca tersebut di sekitar sungai Rondoningo yang melintasi dusunnya.

Baca juga: Temuan Bulus Raksasa di Klaten Hebohkan Warga

Ditambahkan Jamal, ketiga arca yang ditemukan dalam jarak berjauhan tersebut didapatkan di sungai yang tak jauh dari kediamannya.

Lantas Jamal bercerita, arca tersebut ia temukan saat mencari batu sungai untuk material bangunan rumahnya.

Dijelaskannya pula, penemuan arca pertama, kedua, dan ketiga, dia temukan pada hari yang berbeda.

Baca juga: Bangunan Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan di Blitar

“Ditemukan sudah sekitar setahun yang lalu. jarak antar arcanya sekitar 50 meter. Cuma baru hari ini saya kepikiran untuk melaporkannya ke desa,” katanya, dikutip dari timesindonesia, Senin (15/11/2021).

Menyadari arca tersebut merupakan barang bernilai sejarah, dia memutuskan menyerahkannya ke pemerintah desa agar dapat dilestarikan dan diungkap latar belakang sejarahnya.

“Terserah desa, mau dibawa ke kantor desa ataupun ke museum silakan, yang penting dirawat. Karena ini merupakan salah satu kekayaan sejarah kita,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, salah seorang pegawai pemerintah desa setempat mengaku akan melanjutkan laporan penemuan tiga arca itu pada pihak kecamatan untuk selanjutkan dikoordinasikan dengan Pemkab Probolinggo.


Penulis: tim localtrip