Ketua DPD Golkar Jember dan Sahabat Tino Apresiasi Kirab Budaya Silat Tradisional Cimande di Balung

Foto: ist

JEMBER -  Minggu, 30 Januari 2022 bertempat di lapangan Desa Tutul kecamatan Balung kabupaten Jember, Forum Silaturrahmi Cimande Jember menggelar jalan sehat. 

Acara tersebut sekaligus merupakan ajang silarurrahmi dengan tujuan menjalin persaudaraan.

Baca juga: Mengenang Sejarah Jembatan Gladak Perak yang Luluh Lantak Diterjang Awan Panas Semeru

Kegiatan ini diprakarsai oleh Ustadz Mulyono, pendekar Cimande Gala Prima dan beberapa sesepuh Cimande di wilayah Balung, Puger, Wuluhan dan Ambulu. 

"Kami dan para sesepuh sepakat untuk menggalang silaturrahmi rutin setiap bulan," jelas Ust Mulyono. 

Dikatakan pula, tujuan silaturrahmi ini untuk menjalin persaudaraan antar Perguruan Cimande yang ada di Jember.


"Kita akui, hingga saat ini belum bisa maksimal tapi Insya Allah ke depan kegiatan ini akan kami tingkatkan hingga seluruh perguruan Cimande di Jember bisa bergabung," ujar Mulyono.

Baca juga: Turis Protes Karena Alam Pulau Komodo Sudah Tercemar Beton

Meriahnya kegiatan kirab cimande yang digelar oleh forum silaturrahmi cimande jember ini juga dihadiri oleh H Karimullah Dahrujiadi, anggota DPRD Komisi B Provinsi Jawa Timur. 

Dalam sambutannya, Ji Karim mengatakan, acara silaturrahmi ini sangat positif dan perlu dilakukan terus menerus.

"Menjaga dan melestarikan budaya adalah tugas kita bersama. Saya sangat mendukung serta akan hadir jika di undang oleh saudara-saudara Cimande. Tetap semangat untuk kesatuan dan persatuan bangsa indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Tino Cahyono, bendahara Forum Pamong Kebudayaan Perwakilan Jember menambahkan, kegiatan ini untuk merajut kesatuan dan persatuan dalam Kebhinekaan.

"Indonesia kaya dengan aneka seni budaya. Berbeda beda tapi satu jua. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang berbudaya," ucap Tino mengutip falsafah Soekarno. (her)