Gua Butha di Bondowoso, Miliki Relief Buddha Terlengkap

Gua Butha peninggalan agama Buddha. Foto: Tim Ijen Geopark


Salah satu warisan zaman dulu di Bondowoso adalah Gua Butha yang berada pada sebuah cerukan tebing dengan kemiringan 70 derajat di Desa Jireg Mas, Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso.

Baca juga: Jejak Manusia Purba dan Legenda Akek Antak di Bangka

Jarak tempuh dari pusat kota Bondowoso menuju Gua Butha sekitar 45 km.

Dilansir dari Surya.co.id, Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Bondowoso, Hery Kusdariyanto mengatakan Gua Butha merupakan peninggalan agama Buddha.

Sebab, di sekitar Gua Butha terdapat relief Buddha, bunga teratai sebagai lambang keabadian, dan cerita tentang kehidupan manusia. Lalu, relief hewan seperti kera, sapi, dan kerbau.

Di gua itu pula terdapat relief kala (raksasa) dengan sorot mata tajam, kuku mencengkram dan bertaring dengan ukuran kepala memiliki lebar 134,5 cm, dan tinggi 160 cm. Sedangkan ukuran mulut gua setinggi 3 meter dan lebar 5 meter.

Baca juga: Bangunan Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan di Blitar

"Berdasarkan catatan peneliti Belanda gua tersebut diperkirakan peninggalan abad ke-13," katanya dikutip dari Surya.co.id Sabtu (29/5/2021).

Gua Butha ditemukan masyarakat sekitar tahun 80an dan masuk dalam Situs Budaya Ijen Geopark bersama dengan Struktur Gua Butha Sumber Canting, Struktur Megalitik Maskuning Kulon, Tari Petik Kopi dan Singo Ulung.


Sumber: Surya