Lima Gunung di Jawa Barat untuk Pendaki Pemula

Salah satu pegunungan di Jawa Barat. Foto: istimewa


Mendaki gunung menjadi salah satu pilihan liburan terfavorit. Betapa tidak, dengan mendaki gunung selain bisa menikmati asrinya alam pegunungan, sobat triper juga bisa melatih otot-otot tubuh.

Untuk pendaki pemula, alangkah baiknya memilih rute pendakian yang tidak terlalu ekstrim.

Baca juga: Spot Romantis Untuk Berbulan Madu di Labuan Bajo

Buat sobat triper yang tinggal di Provinsi Jawa Barat, berikut lima gunung yang direkomendasikan buat pendaki pemula:

Gunung Galunggung

Tangga untuk mendaki di Gunung Galunggung. Foto: istimewa

Gunung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini, sangat ramah untuk pendaki pemula. Gunung ini terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang.

Keberadaan tangga yang dibuat oleh Pemkab Tasikmalaya untuk melihat kawah dari atas bukit membuat keindahan Gunung Galunggung bisa dinikmati semua kalangan.


Gunung Burangrang

Meskipun gunung ini tidak sepopuler Gunung Gede Pangrango atau Gunung Salak, Gunung Burangrang dengan ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut (mdpl) bisa dijadikan latihan bagi pendaki pemula untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.

Gunung Burangrang secara administratif terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang memiliki medan yang tidak terlalu terjal.

Baca juga: Kolam Cinta di Gunung Puntang Dipercaya Langgengkan Hubungan

Gunung Puntang

Terletak di Bandung Selatan, Jawa Barat, Gunung Puntang yang berketinggian 2.222 mdpl ini juga memiliki keindahan air terjun yang bisa kamu nikmati setelah lelahnya mendaki.

Selain itu, sobat juga bisa menemukan jejak sejarah situs puing-puing Radio Malabar, Gunung Puntang. Pada 1925, kantor radio itu digunakan untuk memelihara hubungan tanpa kabel antara Hindia Belanda dan induknya.


Gunung Guntur

Jalur pendakian Gunung Guntur. Foto: istimewa

Gunung dengan ketinggian 2.249 mdpl ini terkenal dengan dua kaldera dan sabananya.

Gunung ini terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, dan sering disebut Semeru mini karena trek pasirnya yang mirip trek Arcopodo-Mahameru.


Gunung Patuha

Kawah Putih di Gunung Patuha. Foto: istimewa

Apakah sobat pernah dengar Kawah Putih di daerah Ciwidey Bandung? Nah, Kawah Putih adalah salah satu kawah yang menjadi bagian dari Gunung Patuha.

Sebenarnya Gunung Patuha dengan ketinggiam 2.386 mdpl ini memiliki dua kawah, yaitu Kawah Putih dan Kawah Saat. Di kawasan Kawah Saat inilah sobat bisa memasang tenda untuk malam yang indah.


Sumber: nationalgeograpich