Populasi Elang Jawa di TNBTS Bertambah

Elang Jawa yang termonitor di BB TNBTS. Foto: TNBTS


Hingga akhir tahun 2020, populasi Elang Jawa di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) bertambah menjadi 27 ekor.

Jika pada 2019 lalu, hasil monitoring menunjukkan populasi elang jawa sebanyak 22 ekor.

Baca juga: Burung Kucica Ekor Kuning yang Nyaris Punah Terekam Kamera di TNWK

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh petugas BB TNBTS, hingga akhir 2020 terdapat 27 ekor yang terpantau di tiga titik monitoring.

Titik tersebut yakni Site Coban Trisula tercatat 10 ekor, di Site Bendolawang sebanyak 14 ekor. Sedangkan di luar kedua site tersebut dijumpai sebanyak tiga ekor.

"Populasi elang jawa meningkat," kata Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Novita Kusuma Wardani dilansir dari kompas pada Minggu (6/6/2021).

Novita menambahkan, di kawasan TNBTS terdapat 38 jenis satwa liar yang dilindungi, salah satunya Elang Jawa.

Baca juga: 179 Jenis Burung di Indonesia Terancam Punah

Sementara itu, masih dikutip dari Kompas, koordinator Pengendali Ekosistem Hutan pada BB TNBTS, Toni Artaka mengatakan, penghitungan populasi itu dilakukan dengan pemantauan rutin di site monitoring.

"Pemantauan dilakukan secara bersamaan di titik-titik yang berbeda untuk memastikan tidak terjadi penghitungan ganda," jelasnya.

Metode pengamatan seperti itu disebut sebagai metode konsentrasi melalui pengamatan yang rutin.

Ditambahkannya pula, Elang Jawa yang tertangkap kamera akan dianalisis untuk memastikan bahwa masing-masing yang tertangkap merupakan ekor yang berbeda.


Sumber: Kompas