Kolam Cinta di Gunung Puntang Dipercaya Langgengkan Hubungan

Gunung Puntang. Foto: tim


Indonesia memang kaya dengan destinasi wisatanya. Mulai dari pantai, air terjun, danau atau yang lainnya. Tak cuma keindahannya, destinasi wisata di Indonesia hampir seluruhnya diselimuti mitos. 

Salah satunya adalah Gunung Puntang yang letaknya ada di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Desa Mekarjaya Kecamatan Banjaran.

Baca juga: Jangan Menoleh ke Belakang Saat Mendaki Tanjakan Cinta Bersama Pasangan 

Selain dikenal karena ketinggiannya yang mencapai 2223 mdpl, gunung ini juga populer karena konon menyimpan terlalu banyak sejarah. Contohnya seperti sejarah pelarian dari Prabu Siliwangi.

Tak hanya itu, di salah kaki gunung tersebut juga bumi perkemahan yang memiliki daya tariknya sendiri, dengan keberadaan puing-puing bangunan jaman Belanda.

Konon menurut warga sekitar, tempat yang hanya tinggal puing-puing bangunan itu dulunya merupakan tempat tinggal para petinggi Belanda, sebelum akhirnya dihabisi oleh tentara Jepang. 

Kolam Cinta di kaki Gunung Puntang. Foto: tim

Maka tak heran jika beberapa pendaki mengaku pernah melihat penampakan makhluk tak kasat mata berperawakan orang Belanda. 

Selain meninggalkan puing-puing bangunan, di kawasan itu pula terdapat kolam berbentuk hati yang disebut dengan Kolam Cinta.

Baca juga: Pesona Tersembunyi di Lembah Gunung Kawi

Kepercayaan yang berkembang, ketika pasangan kekasih mandi di dalamnya, maka hubungan mereka akan langgeng. 

Ada pula yang bercerita bahwa dulunya kolam tersebut dijadikan sebagai tempat mandi atau berenang bagi para noni Belanda.

Puing-puing sisa bangunan Belanda. Foto: tim

Meski banyak cerita menakutkan tentang lokasi itu, namun nyatanya tak membuat traveller merasa takut. Justru karena mengandung nilai sejarah itulah, kebanyakan traveller akan menikmati segarnya air di Kolam Cinta serta melihat beberapa bangunan bersejarah, meskipun di beberapa lokasi tinggal puing-puingnya saja.


Penulis: Dania