Mengenal Aliran Sesat Hakekok

Tangkapan layar ritual penganut aliran Hakekok. Foto: tim


Beredar di media sosial, sebuah video yang memperlihatkan belasan orang penganut aliran Hakekok Balakasuta melakukan ritual mandi bugil di sebuah penampungan air. Tak ayal, video itu pun menjadi viral.

Baca juga:  (Video) Mengungkap Misteri Tradisi Suku Asmat di Papua

Tampak dalam video itu, mereka melakukan ritual mandi dan telanjang secara beramai-ramai yang dipimpin oleh seorang bernama Arya yang dilakukan pada Kamis, 21 Maret 2021 lalu.

Menurut keterangan yang diperoleh, ritual itu dilakukan untuk menyucikan diri, setelah bertahun-tahun berharap kekayaan yang tak kunjung terkabul.

Ritual mandi bersama yang dilakukan para penganut aliran sesat ini dilakukan di penampungan air PT GAL, di tengah perkebunan kelapa sawit di Desa Karangbolong, Pandeglang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang, Hamdi Ma'ani menuturkan, pemimpin kelompok itu yakni Arya membuat pengakuan mengejutkan.

Baca juga: Menguak Sejarah dan Aktivitas Malam Sarkem

Mengutip cerita Arya, jelas Hamdi, ajaran itu merupakan bentuk komitmen pada Imam Mahdi yang menjanjikan pengikutnya akan kaya raya.

"Namun, karena telah menunggu bertahun-tahun tidak ada bukti, mereka pun akhirnya melakukan mandi bersama untuk membersihkan diri," kata Hamdi dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (13/3/2021).

Lebih lanjut, Hamdi mengungkapkan, ajaran ini sudah pernah dibina, namun kini muncul lagi.

Karena akses jalan yang terjal dan sempit, untuk mencapai lokasi tempat aliran Hakekok tersebut, dibutuhkan sepeda motor atau berjalan kaki selama empat jam menembus perkebunan dan semak belukar.

Rumah milik pemimpin aliran sesat atau ajaran Hakekok di Pandeglang, Banten. Foto: Tribunnews.com

Kini Arya dan 15 pengikutnya telah diamankan oleh pihak kepolisian.

Arya, pimpinan kelompok tersebut mengakui kesalahannya dan ingin tobat. Sebanyak 16 orang pengikut aliran sesat itu akan dilakukan pembinaan.

Berikut video aliran Hakekok saat melakukan ritual yang dirilis dari Tribun network


Disusun oleh local trip dari berbagai sumber