Ekspedisi Gunung Kerinci

Mengenang Yudha Sentika yang Tak Pernah Kembali

Tugu Yudha Sentika. Foto: istimewa

Siapa yang tak mengenal Gunung Kerinci? Terletak di Kabupaten Kerinci - Provinsi Jambi, dengan ketinggian 3.805 mdpl. Bahkan ada yang menyebut gunung ini sebagai puncak tertinggi ke 2 setelah Puncak Cartenz.

Baca juga: Menguak Kisah Porter Gunung Carstensz

Jika sobat triper pernah melakukan pendakian ke Gunung Kerinci, tepatnya sebelum sampai di puncak atau Top Kerinci, sobat pasti akan bertemu Tugu Yuda. 

Tugu itu dibuat untuk mengenang nama Yudha Sentika yang hilang saat mendaki Gunung Kerinci pada tahun 1990. Dalam plakat tugu tersebut tertulis 'Tempat berpisahnya saudara kami Yudha Sentika, 23 Juni 1990'

Gunung Kerinci. Foto: istimewa

Tak banyak yang tahu tentang kisah seorang pendaki yang bernama Yudha Sentika ini. 

Dikutip dari berbagai sumber, Yudha Sentika adalah remaja asal Jakarta dan saat itu masih berusia 17 tahun ketika mendaki Gunung Kerinci.

Baca juga: Roti Berbiang Air Kencing

Dari berbagai sumber juga menceritakan, Yudha menghilang dari rombongannya saat turun dari puncak Kerinci.

Konon saat Yudha dan teman-teman mendakinya turun, kondisi jalur pendakian tertutupi kabut tebal. Karena keterbatasan pandangan itulah, menghilangnya Yudha hingga kini masih menjadi misteri.

Terdapat cerita mistis di kalangan pendaki soal Tugu Yudha Sentika ini. Warga di kaki Gunung Kerinci mengatakan bahwa Yudha diambil oleh penguasa Gunung Kerinci sehingga sampai kini jasadnya tak bisa ditemukan.

Puncak Gunung Kerinci. Foto: istimewa

Di jalur pendakian sebelum Tugu Yudha adalah jalur batu cadas dengan kemiringan 65 – 80 derajat. Di tempat tersebut juga terdapat belasan tugu lainnya untuk mengenang pendaki yang meninggal di Gunung Kerinci.

Tak jarang juga pendaki saat tiba di Tugu Yudha, mereka pasti berhenti sejenak hanya sekadar mengirimkan doa. Yang pasti, kisah Tugu Yudha Gunung Kerinci hingga kini masih menjadi misteri karena keberadaannya tak pernah diketahui lagi hingga sekarang.

Berikut video kisah dibalik tugu Yudha Sentika dari akun youtube @yanuarizp



Artikel ini disusun local trip dari berbagai sumber