Jemblem, Kudapan yang Hampir Tersingkirkan

Jemblem Pak Holis

Banyak aneka macam kue tradisional yang dulu sangat digemari namun kini mulai sulit didapatkan. Diperparah lagi dengan serbuan kue asal negeri lain yang merambah pada kaum milenial. Salah kue tradisional yang mulai tergeser adalah jemblem.

Bentuknya yang bulat dengan sensasi lelehan gula merah yang dibalut dengan singkong tumbuk, tentunya akan memanjakan lidah kita, apalagi saat musim hujan.

Kudapan tradisional dengan bahan dasar singkong dan gula merah ini pernah menjadi idola pada era sebelum 2000an.

Jemblem dibuat dari adonan singkong yang sudah matang setelah di kukus, dan ditumbuk hingga halus. Setelah itu, dibentuk bulatan yang diisi dengan potongan gula merah. Bulatan jemblem lalu digoreng hingga berwarna coklat keemasan. 

Baca juga: Nikmati Kopi Trubuk Bersama Banyak Komunitas

Harga dari jemblem juga sangat murah. Ketika local trip mencicipi kuliner tradisional di warung milik Holis, yang terletak di desa Cengkrong Kecamatan Pasrepan Kabupatem Pasuruan Provinsi Jawa Timur ini, cukup dengan kocek seribu rupiah saja bisa menikmati jemblem yang mengenyangkan.

Lelehan gula merah dari jemblem, bakal terasa lebih sempurna bila disandingkan dengan segelas kopi atau teh panas. 

Sungguh bisa membuat sobat triper merasakan sensasi masa lampau sembari bernostalgia.

Oh ya.. Bila sobat triper sedang berada di Pasuruan, tidaklah rugi bila berkunjung ke warung pak Holis ini untuk merasakan kudapan enak, mengenyangkan, dan tentunys bebas dari bahan kimia yang membahayakan tubuh kita. 


Kontributor: Kusaeri