Macan Tutul Jawa Terekam Kamera di TN Meru Betiri, Jember

Macan Tutul Jawa

Seekor macan tutul langka tertangkap kamera di Taman Nasional Meru Betiri, Andongrejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Peristiwa itu kemudian dibagikan dalam akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 12 Januari 2021 kemarin.

Rekaman macan tutul itu diambil dari hasil pantauan 103 kamera yang terpasang di 52 titik monitoring. Dalam video berdurasi 55 detik itu tampak seekor macan tutul atau panthera pardus melas tengah mengawasi lingkungan sekitarnya.

Pada tahun 2020, terpantau 15 ekor macan tutul di Taman Nasional Meru Betiri. Jumlah itu meningkat dari tahun 2019 yang hanya ada 12 ekor.

Baca juga: Air Mata Buaya Identik dengan Air Mata Manusia

“Setiap tahun tren populasi macan tutul terus bertambah. Hal ini tak lepas dari peran kerja nyata staf Balai TN Meru Betiri,” ujar Ir. Wiratno, Direktur Jenderal KSDAE dalam akun Instagram Ditjen KSDA.

Macan tutul Jawa merupakan satwa yang dilindungi dan telah masuk dalam Redlist IUCN dengan kategori Critically Endangered atau terancam punah serta termasuk dalam Appendix I CITES. 

Macan tutul Jawa hanya ditemukan di Pulau Jawa, Pulau Kangean, Pulau Nusakambangan dan Pulau Sempu.


Sumber: instagram