Kuliner Ekstrim Pulau Madura

Jika sobat triper lagi travelling ke Madura, gak ada salahnya mencoba kuliner yang ekstrim, dan mungkin hanya ada di pulau garam ini.
Mendengar kata Madura, mungkin sobat triper teringat akan menu sate dan soto.
Soto mata sapi khas Madura



Ya.. Menu ekstrim di Madura yang harus dicoba sobat triper adalah Soto Mata Sapi yang ada di Bangkalan. 
Soto Mata Sapi? Kuliner ini bukan seperti yang sobat triper bayangkan yaitu soto telur ceplok mata sapi. Soto ini memakai bahan mata sapi utuh yang masih terbalut tulang.

Baca juga: Wisata Horor di Taman Festival Sanur

Soto mata sapi ini dibuat dengan resep rahasia yang dipertahankan secara turun temurun dan disajikan dengan kuah soto ditambah irisan daging sapi. 
Soto mata sapi yang dimaksud ini tidak seperti soto yang mungkin telah sobat triper ketahui. Kuah soto ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah halus dan bumbu khas soto Madura sebagai bumbunya. Bahan utamanya adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi yang direbus hingga lima jam, untuk menghasilkan kuah yang kental dan pekat. 
Dalam penyajiannya, soto mata sapi ini ditambahi sedikit irisan daging sapi rebus. Sedangkan mata sapi yang digunakan, masih berbentuk bola mata utuh. 
Bila sobat triper belum kuat nyali untuk menyantap mata sapi, masih bisa pesan soto tanpa mata sapi.
Sebagai bahan pelengkap untuk menikmati lezatnya soto ini, biasanya ditambahkan ketupat, taoge, kacang, jagung, bawang goreng, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk.
Oh ya.. Sobat triper juga bisa memuaskan petualangan kulinernya dengan meminta tambahan bumbu rujak sebagai pelengkapnya, seperti halnya menu rujak soto dari Banyuwangi yang cukup terkenal itu.

Kontributor: Arisandy