Pelatihan Generasi Milenial Sahabat Tino Menyusun Strategi dan Kekompakan Tim Melalui Kegiatan Arung Jeram

Komunitas Sahabat Tino saat mengikuti arung jeram. Foto: ist

Strategi menjadi salah satu hal yang sangat penting pada suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Sebab strategi merupakan formula dari sumber daya yang ada untuk meraih tujuan.

Demikian juga komunitas Sahabat Tino di Jember, mereka melakukan pelatihan strategi dan kekompakan pada Selasa (7/3/2023).

Melalui program Gerakan Berkah 3S (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto Sambangrupo Sambungroso Sumbangrogo), komunitas yang dimotori oleh Tino Cahyono itu menggelar kegiatan arung jeram di sungai Gunung Sepikul kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.

Dibawah komando Winarto, generasi milenial anggota komunitas Sahabat Tino dilatih motoriknya untuk merumuskan strategi dan kekompakan bersama timnya melalui kegiatan arung jeram.

Di sela kegiatan, Tino Cahyono berkata jika kegiatan ini sangat membantu untuk melatih generasi milenial dalam membuat strategi dan menjalin kekompakan dalam tim atau organisasi.

Lantas Tino juga mengatakan, jika rumusan strategi dapat diimplementasikan untuk mewarnai dan mengintegrasikan semua keputusan dan tindakan dalam organisasi.

Selain strategi, masih kata Tino, kekompakan merupakan hal mutlak yang tidak bisa diabaikan dalam suatu organisasi.

"Kekompakan sebuah tim dalam suatu organisasi jelas merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya," kata Tino. 

Ditambahkannya, tim kerja merupakan peleburan dari berbagai pribadi untuk mencapai tujuan bersama.

'Dalam kerja tim, harus saling mengerti dan mendukung satu sama lain ini merupakan kunci kesuksesan," ujarnya. 

Namun demikan, imbuh Tino, meski ada perselisihan antar pribadi dalam satu tim, merupakan dinamika.

"Perbedaan usia, latar pendidikan, jabatan hingga perbedaan pendapat merupakan sebuah kewajaran, namun sangat penting untuk disadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya," jelas Tino.

Lantas Tino juga menjelaskan, kerja tim bukanlah kerja individu. "Untuk itu sebaiknya harus dihilangkan sifat-sifat seperti egois. Oleh karena itu sikap saling menghargai dan memahami sangat diperlukan dalam hubungan antar individu agar komunitas ini bisa menjalankan strateginya dengan kompak untuk meraih tujuan bersama," pungkas Tino.