Bersama Tokoh dan Aktivis, Sahabat Tino Gelar Diskusi tentang Strategi Peningkatan Perekonomian di Desa

 

Tino Cahyono bersama Ismu. Foto: ist
Bertempat di Perumahan Bumi Mangli Permai, tepatnya rumah bapak Ismu, komunitas Sahabat Tino melakukan Gerakan Berkah 3S (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto Sambangrupo Sambungroso Sumbangrogo) pada Sabtu (4/3/2023).

Kegiatan yang berlangsung dalam suasana akrab tersebut, Tino Cahyono berdiskusi dengan beberapa tokoh dan aktivis membahas tentang peran bupati dan strategi membantu bupati dalam peningkatan perekonomian di desa.

Salah seorang tokoh mengatakan, pertumbuhan perekonomian harus lebih ditingkatkan.

"Kegiatan perekonomian di desa bisa meningkatkan kinerja perekonomian nasional," ujarnya.

Sementara itu, Tino Cahyono selaku leader dari komunitas Sahabat Tino memaparkan, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, antara lain: memperkuat sektor pertanian, mengembangkan sektor industri kecil dan menengah, meningkatkan akses terhadap sumber daya, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Beberapa cara yang dapat dilakukan komunitas Sahabat Tino agar perekonomian di Jember dapat meningkat yakni: meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan; mengelola sumber daya alam yang ada; dan mengembangkan usaha kreatif pada usaha kecil dan menengah," terang Tino.

Namun demikian, imbuh Tino, dalam memajukan perekonomian rakyat di desa memang bukan hal mudah. 

Masih kata Tino, ada beberapa hal yang harus dilalui untuk memajukan perekonomian deaa. Yaitu membangun kolega, pelatihan terapan, dan kegiatan terapan dalam suatu desa. 

"Desa merupakan suatu komunitas berbasis solidaritas sehingga membangun kolega di desa perlu dilakukan untuk mengambil kepercayaan masyarakat. Sedangkan pelatihan dan kegiatan terapan meliputi praktik kerja dan pemahaman dasar mengenai pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di pedesaan," urai Tino.

Di samping itu proses, masih kata Tino, pemberdayaan masyarakat juga perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang ekonomi.

Lantas diterangkan Tino, ada tiga hal yang dapat ditempuh dalam memberdayakan masyarakat. Pertama masyarakat harus sadar akan pentingnya ekonomi kerakyatan. Kedua masyarakat harus digugah untuk membentuk gerakan-gerakan dalam memajukan ekonomi kerakyatan. 

"Terakhir masyarakat harus dibiasakan agar menjadi produktif," pungkas Tino.