Berpengaruh Penting dalam Pengambilan Keputusan Politik, Sahabat Tino Gelar Penguatan Partisipasi Perempuan di Parlemen

Wiwik Indiana (berbaju kuning) saat bertemu perwakilan generasi milenial perempuan di Jember. Foto: ist

Partisipasi perempuan Indonesia dalam perpolitikan di Indonesia tergolong masih sangat rendah. Sebab itu, masih sedikit pula keterwakilan perempuan dalam parlemen.

Akibat rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen, tentu berpengaruh terhadap isu kebijakan terkait kesetaraan gender dan masalah lain yang dihadapi oleh perempuan.

Menghadapi fenomena tersebut, Komunitas Sahabat Tino pun menggelar pertemuan dengan generasi milenial perempuan yang ada di Jember pada Jumat (10/3/2023).

Dalam pertemuan tersebut, komunitas Sahabat Tino diwakili, Wiwik Indiana, yang merupakan politikus perempuan asal partai Golkar di Kabupaten Jember. 

Pada yang bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional tersebut, Wiwik, panggilan akrab dari Fungsionaris DPD Partai Golkar Jember itu memberikan penguatan dan motivasi terhadap perempuan untuk ikut berkiprah di dalam politik.

Dalam paparannya, Wiwik menyampaikan jika keterwakilan perempuan dalam parlemen akan memberikan pengaruh pada pengambilan keputusan politik.

"Pentingnya peningkatan partisipasi perempuan supaya pengambilan keputusan politik yang lebih akomodatif dan substansial," terang Wiwik.

Selain itu, masih kata Wiwik, peningkatan partisipasi perempuan akan menguatkan demokrasi yang senantiasa memberikan gagasan terkait perundang-undangan tentang hak perempuan dan anak di ruang publik.

Ditambahkan Wiwik, gender perempuan merupakan basis yang paling dilirik semua parpol. 

"Sekarang ini, partisipasi perempuan dalam politik sudah sangat baik karena sudah banyak perempuan yang menjadi pengurus parpol. Namun, jika perempuan tidak maju dalam pencalonan legislatif, maka perannya menjadi belum lengkap. Untuk itu, perlu ditingkatkan partisipasi perempuan dalam pencalonan legislatif,” kata Wiwik yang saat ini tengah berjuang untuk keterwakilan perempuan di daerah pemilihan (dapil) Jember 3 yang terdiri dari Kecamatan Jelbuk, Kalisat, Sumberjambe, Ledokombo, dan Sukowono.