Sahabat Tino: Solusi Penghasilan yang Tidak Menentu pada Nelayan yaitu Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Laut

Sahabat Tino saat menggelar Gerakan Berkah 3S di kawasan pesisir Jember. Foto: ist

Gerakan Berkah 3S (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto Sambangrupo Sambungroso Sumbangrogo) terus digulirkan komunitas Sahabat Tino di Jember.

Setelah road show di berbagai kecamatan yang berada di kawasan pegunungan, kegiatan Sahabat Tino itu menyasar wilayah Kecamatan Puger, dan bertempat di kediaman Hotibin, tepatnya di perumahan nelayan yang berada di Jalur Lintas Selatan (JLS).

Dari pertemuan itu didapatkan kenyataan jika pendapatan nelayan di Kecamatan Puger Kabupaten Jember saat ini kian tidak menentu akibat cuaca ekstrim yang melanda setiap tahunnya.

Hotibin, saat mengikuti gelaran Gerakan Berkah 3S (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto Sambangrupo Sambungroso Sumbangrogo) mengatakan, cuaca ekstrim yang terjadi beberapa bulan terakhir membuat penghasilan para nelayan tidak menentu.

"Kegiatan melaut harus dikurangi karenakan ombak yang tinggi disertai angin kencang kerap terjadi," katanya Kamis (24/2/2023).

Masih katanya, pengurangan aktivitas nelayan berdampak pada pasokan ikan di pasar turun, termasuk juga pendapatan nelayan juga menurun siginifikan.

Menanggapi keluhan itu, Tino Cahyono sebagai leader dari komunitas Sahabat Tino menyampaikan salah satu solusi untuk menanggulangi pendapatan nelayan yang tidak menentu, mereka harus mendapat pelatihan untuk pengolahan dan pemasaran hasil tangkap para nelayan. 

Lewat pelatihan tersebut, kata Tino, diharapkan para nelayan bisa lebih mandiri dan mendapat penghasilan tambahan. 

"Biasanya nelayan menjual hasil tangkapan ke tengkulak atau ke pasar tradisional. Tapi bila diolah dan jadi produk jual, bisa menciptakan usaha-usaha mandiri dari rumah, sehingga menjadi UMKM dan tentu dengan ikhtiar tersebut maka pendapatan para nelayan juga bisa bertambah secara maksimal," terang Tino. 

Tino juga menerangkan, kegiatan bertajuk 'Gerakan Berkah 3S' tersebut, dikatakan Tino juga untuk memperkenalkan sosok Airlangga Hartarto dan program kerakyatan partai Golkar kepada masyarakat yang ada di kawasan pesisir.

Diimbuhkan Tino Cahyono, Komunitas Sahabat Tino akan selalu berada di tengah berbagai elemen masyarakat untuk menemukan solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi.

"Komitmen Sahabat Tino akan selalu berada di tengah masyarakat untuk duduk bersama dalam mencari solusi saat masyarakat menghadapi kendala, terutama kendala tentang stabilitas perekonomian," pungkas Tino.