Pentingnya Solidaritas dan Kekompakan Komunitas Sahabat Tino Agar Tetap Ada di Tengah Masyarakat

Komunitas Sahabat Tino yang selalu menjaga solidaritas dan kekompakan. Foto: ist

Solidaritas dan kekompakan mempunyai kedudukan yang sangat penting entah itu di kalangan masyarakat ataupun dalam sebuah organisasi.

Sebab, dengan solidaritas dan kekompakan yang tinggi, tujuan dari kalangan masyarakat atau organisasi itu akan tercapai.

Mengingat pentingnya solidaritas dalam sebuah tim, Gerakan Berkah 3S (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto Sambangrupo Sambungroso Sumbangrogo) pada Jumat 24 Februari 2023 mengusung tema tentang "Solidaritas dalam Tim Kerja Lebih Penting Dibanding Kemampuan Individual yang Bersifat Egois".

Dalam Gerakan Berkah 3S yang digelar di rumah Sukar, warga Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember itu, Tino Cahyono sebagai leader komunitas Sahabat Tino menyampaikan tentang solidaritas sebuah tim kerja dalam mencapai tujuan bersama.

Di hadapan puluhan anggota komunitas itu, Tino menyampaikan jika solidaritas merupakan sesutu yang sangat dibutuhkan oleh sebuah kelompok.

"Komunitas sosial ini akan tetap ada dan bertahan di tengah masyarakat jika ada solidaritas yang terjalin antar anggota," jelas Tino.

Tino menambahkan, kompak dan tidak egois, identik dengan kebersamaan, yaitu bersama-sama melakukan suatu hal untuk tujuan tertentu.

Tino juga tidak menampik adanya kemungkinan orang-orang yang belum memahami sepenuhnya arti sebuah kekompakan.

Lantas kata Tino, membangun tim kerja yang kompak tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kadang, ada saja kesalahpahaman komunikasi, pimpinan yang tidak dapat bertanggung jawab, hingga ada anggota tim yang tidak berkomitmen.

Alasannya, kata Tino, dalam jumlah anggota suatu komunitas atau tim kerja yang banyak, terkadang sejumlah anggota tertentu tidak bisa turut serta melakukan suatu kegiatan.

"Akibatnya, sering dari beberapa anggota mengatakan bahwa anggota yang tidak ikut itu tidak kompak," ujar Tino.

Untuk itu, kata Tino, cara agar berhasil menjaga solidaritas adalah membentuk kelompok-kelompok kecil dan dibagi dalam beberapa tugas.

"Dari kelompok kecil itu, kita harus menyakinkan standar kinerja dan sasaran-sasaran harus jelas," papar Tino.

Intinya, masih kata Tino, sebuah tim kerja harus dibangun atas dasar kekompakan yang utuh. 

"Dalam sebuah tim kerja, egoisme yang terdapat dalam diri masing-masing anggota harus dapat disingkirkan. Jika sifat egois telah menjauh, maka tujuan yang akan dicapai bisa diraih. Sebab rasa egois akan merusak sebuah hubungan antar anggota tim dan mengacaukan tujuan bersama," pungkas Tino.