Gunung Bawah Laut Ditemukan di Perairan Pacitan

Ilustrasi gunung bawah laut. Foto: Google image

Keberadaan gunung bawah laut ditemukan Badan Informasi Geospasial (BIG) di perairan Pacitan, Jawa Timur. Tepatnya berada di 200 kilometer barat daya Pacitan.

Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan data yang diperoleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), tinggi gunung itu mencapai 2.300 meter dari dasar laut dan memiliki diameter sekitar 10 kilometer. Kedalamannya antara antara 3 hingga 4 kilometer dari permukaan air. Namun terkait aktivitas gunung tersebut, masih dilakukan penelitian.

Sebelumnya, BIG telah melakukan survei dan pemetaan terhadap gunung bawah laut di Pacitan itu. Diprediksi proses terbentuknya memakan waktu lama dan merupakan efek tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudra Hindia.

Sementara itu, sumber lain mengungkapkan jika melalui Google Maps, orang awam dapat melihat dengan jelas adanya tumbukan lempengan yang mencolok di Samudra Hindia. Terlihat di Google Maps, di bagian selatan lokasi ada yang warnanya biru gelap yang merupakan daerah tumbukan yang menjorok ke bawah atau palung. Lalu di dekat palung, ada yang naik membentuk gunung.


Sumber: CNN Indonesia