Mengenal Kampung Berpenghuni 4 KK di Gunung Wilis

Kampung Kertoembo. Foto: ist

Kertoembo adalah kampung terpencil di kawasan hutan gunung Wilis Madiun, Jawa Timur. Lokasinya begitu asri dan nyaman karena dikelilingi hutan yang terjaga, serta dihiasi sungai yang begitu jernih. 

Kampung Kertoembo, tepatnya berada di gunung Wilis, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, sehingga aksesnya sulit dijangkau.

Uniknya, Kampung Kertoembo, yang hanya bisa menikmati sinar matahari sekitar 5 jam saja setiap harinya, hanya dihuni oleh empat kepala keluarga.

Dulu, kawasan itu merupakan perumahan milik PT Perkebunan Kopi Kandangan Kare Madiun yang dipenuhi rumah-rumah berbahan kayu di sepanjang jalan setapak.

Jejak perkebunan kopi jaman Belanda ditandai dengan adanya satu rumah loji yang pernah jadi tempat peristirahatan mandor pabrik.

Namun karena keadaan yang mulai sepi, penghuninya pun berkurang. Bahkan banyak warga kampung itu yang memilih untuk menjadikan bangunan di sana jadi rumah singgah saja.

Di kampung terpencil tersebut, terdapat tempat wisata Air Terjun Kertoembo yang sangat alami. Namun karena akses yang sangat sulit mengakibatkan tak dikunjungi lagi.

Di kampung itu pula, terdapat sejumlah kandang kambing yang jumlahnya lebih banyak dibanding bangunan rumah. 


Sumber: merdeka