Kiprah Cak Arif Antarkan Peternak Domba Desa Sidomulyo Dapatkan Pelatihan di Malang

Peternak domba asal Desa Sidomulyo saat pelatihan di Malang. Foto: ist

Upaya komunitas Sahabat Tino di Jember, yang dimotori oleh Tino Cahyono untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kian beragam dan semakin masif dilakukan melalui berbagai sektor.

Jika pada awalnya, komunitas itu menjalankan program peningkatan perekonomian melalui sektor UMKM, kini juga merambah bidang pertanian dan peternakan.

Seperti ditunjukkan oleh Arif Rahman Hakim, anggota dari komunitas Sahabat Tino, yang mengantarkan peternak domba di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo untuk mengikuti training tentang beternak domba di Lawang Kabupaten Malang.

Cak Arif, panggilan akrab anggota Sahabat Tino yang sekaligus juga merupakan pengusaha dalam bidang pertanian dan peternakan mengatakan, training atau pelatihan tersebut diperuntukkan kepada kelompok peternak yang mendapatkan bantuan 2000 ekor domba Dorsip Australia.

Cak Arif (berkacamata) bersama peternak domba. Foto: ist

Masih katanya, dalam pelatihan tersebut, kelompok peternak domba Sidomulyo yang diwakili oleh Anis Solihin, Rizky dan Rossy akan ditingkatkan kemampuannya dalam hal management peternakan domba dorsip.

"Saya berharap, setelah mengikuti pelatihan ini peternak domba di Sidomulyo memiliki kemampuan manajemen dan keterampilan teknis dalam mengelola peternakan domba atau kambing," pungkas Cak Arif yang juga merupakan Sahabat Tino di Jember itu.

Sementara itu, di tempat terpisah, Tino Cahyono selaku penggagas dari Sahabat Tino menyampaikan bahwa pelatihan bagi peternak dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi, efisiensi, efektivitas dan kualitas dalam bisnis.