Melongok Aksi Sosial Komunitas Pemandu Karaoke Kota Kediri

Komunitas 'Srondeng' saat membagikan bingkisan di salah satu yayasan. Foto: tim

Kediri - Tak sedikit masyarakat yang memandang negatif profesi pemandu karaoke atau yang dikenal dengan Ladies Companion (LC). Sebab, dunia yang mereka geluti, bagi sebagian besar masyarakat, adalah dunia glamour yang identik dengan hura-hura.

Tak jarang pula yang memberikan cibiran dan sebutan 'genit dan matre' pada perempuan-perempuan yang berprofesi sebagai LC tersebut.

Namun dibalik sebutan negatif itu, ada juga komunitas LC yang justru mampu membalik pandangan sebagian masyarakat itu. Salah satunya sekumpulan perempuan berprofesi sebagai LC yang tergabung dalam komunitas bernama 'Srondeng' di Kota Kediri.

Komunitas yang beranggotakan Dewi, Rima, Meme, Tria, Niken, Veny, Inces, Imel dan Elsa tersebut tak segan untuk menggelar kegiatan kemanusiaan. Salah satunya adalah menggelar aksi Jumat berkah.

Komunitas 'Srondeng'. Foto: tim



Pada Jumat (15/7/2022) kemarin, sekumpulan perempuan cantik ini menggelar Jumat berkah bertajuk "Tebarkan Kebaikan dengan Seribu Senyuman" di Yayasan Mutiara Gemilang yang berada di Gampengrejo Kediri.Mereka membagikan makanan dan bingkisan untuk anak yatim piatu yang ada di yayasan tersebut.

Selain makanan dan bingkisan, komunitas itu juga memberikan sejumlah uang untuk membantu pembangunan di yayasan tersebut.

Koordinator komunitas, Dewi, mengatakan bahwa kegiatan seperti itu dilakukan setiap hari Jumat.

"Hal ini kita lakukan sebagai wujud dari rasa syukur atas rezeki kita peroleh agar bisa berbagi pada masyarakat yang membutuhkan," ujar Dewi.

Senada dengan Dewi, anggota lain bernama Meme juga mengatakan, meski tidak bernilai besar, kegiatan rutin setiap hari Jumat itu sebagai wujud empati dari komunitas LC yang bermarkas di Jl. Semampir Kota Kediri pada masyarakat yang kurang beruntung perekonomiannya.

"Kita sadar aksi kita ini merupakan hal kecil yang tentunya tidak banyak membantu permasalahan ekonomi di masyarakat. Tapi setidaknya, kita lakukan ini dengan ikhlas untuk berbagi kebahagiaan pada sesama," kata perempuan cantik itu.

Sementara itu, Nur Rochman, selaku pengurus Yayasan Panti Asuhan Mutiara Gemilang menyampaikan rasa terimakasihnya pada komunitas perempuan-perempuan cantik tersebut.

Bahkan, dia juga menyatakan sangat kagum dengan aksi sosial mereka.

"Biarlah orang-orang mencibir profesi mereka. Namun dibalik itu semua, aksi mereka sangat membanggakan dan patut menjadi contoh komunitas atau kelompok lain, terutama kaum remaja," pungkasnya.


Penulis: localtrip