Menilik Kegiatan Sambang Rupo, Sambung Roso dan Sumbang Rogo Sahabat Tino Bersama Warga Rambipuji


Tino Cahyono membagikan paket sembako pada janda dan dhuafa. Foto: localtrip

Tak hanya berkutat dengan program warung kuning, komunitas Sahabat Tino yang mempunyai misi sebagai penggerak ekonomi rakyat, juga bergerak dalam aksi sosial lainnya bertajuk Sambang Rupo, Sambung Roso dan Sumbang Rogo.

Setelah sebelumnya gelaran tersebut dilaksanakan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Jember, pada Sabtu (9/9/2022) aksi sosial itu dilakukan di Rambipuji. Tepatnya di rumah Doni, seorang anggota komunitas Sahabat Tino yang terletak di Dusun Gudangrejo Desa Rambipuji Kabupaten Jember.

Di sela acara yang melibatkan warga, tokoh masyarakat Rambipuji termasuk 50 janda dan dhuafa, Tino Cahyono menjelaskan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Sahabat Tino yang dimotorinya pada warga, khususnya yang membutuhkan.

"Kegiatan ini sebagai wujud rasa kepedulian kami (Tino dan komunitasnya) pada masyarakat dhuafa dan perempuan yang berperan sebagai tulang punggung keluarga," terang Tino. 

Diterangkannya juga, dia ingin membangun jiwa wirausaha pada kelompok-kelompok warga, terutama yang membutuhkan bantuan agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri.

"Aksi ini sebagai bentuk komitmen kami untuk menggerakkan ekonomi rakyat," kata Tino Cahyono yang dikenal juga sebagai ketua Airlangga Hartarto Lovers (AHL) Jatim.

Diketahui sebelumnya, aksi Sahabat Tino saat ini tengah viral melalui pembagian seperangkat warung angkringan kuning bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, agar bisa meningkatkan kekuatan ekonomi.

Sementara itu, Kepala Dusun Gudangrejo, Hariyadi, yang mewakili Kepala Desa Rambipuji menyampaikan sangat mengapresiasi aksi sosial dari Sahabat Tino

"Sahabat Tino merupakan komunitas yang sangat konsisten dalam aksi sosial. Kita harus mendukung komunitas ini agar bisa menjalankan visi dan misinya," kata Kasun.

Salah seorang penerima bantuan asal Gudangrejo, Misri berujar, dirinya hanya bisa menyampaikan rasa terima kasihnya pada Tino Cahyono dan komunitasnya yang telah peduli pada warga membutuhkan.

"Terimakasih buat mas Tino yang peduli pada kami. Kami hanya bisa membalas kebaikan mas Tino bersama komunitas Sahabat Tino dengan doa. Semoga apa yang menjadi tujuan mas Tino bisa tercapai dan tetap peduli dengan rakyat kecil," pungkas perempuan berusia 45 tahun itu. (her)