Tinggi Gelombang Perairan Selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur Berpotensi Mencapai Ketinggian Hingga 4 Meter

Ilustrasi gelombang laut. Foto: doc

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi gelombang tinggi pada 12-13 Juni 2022 di beberapa kawasan. 

Dalam rilisnya, BMKG menyebut, potensi gelombang tinggi hingga enam meter terjadi di selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Potensi gelombang tinggi terjadi akibat pergerakan pola angin yang dominan dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin sekitar 5-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian utara, angin dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan sekitar 5-17 knot.

Merujuk dari pergerakan pola angin, BMKG menyebutkan pula, potensi gelombang tinggi hari ini dan besok (13/6) di perairan selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur, mencapai ketinggian lebih dari 4 meter bisa terjadi.

Dalam rilisnya pula, BMKG memperingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan, kapal tongkang dan kapal Ferry.

Termasuk pula untuk kapal ukuran besar seperti Kapal kargo atau kapal pesiar.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," imbau BMKG.


Sumber: CNN Indonesia