Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ile Lewotolok Berstatus Siaga

Gunung api Ile Lewotolok. Foto: ist

Gunung api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami peningkatan aktivitas vulkanik, pada Jumat (8/4/2022). 

Hasil pantauan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok pada Jumat jam 00.00 Wita – 06.00 WITA, gunung api terlihat tertutup kabut.

Baca juga: Mengenang Sejarah Jembatan Gladak Perak yang Luluh Lantak Diterjang Awan Panas Semeru

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih kelabu dengan intensitas tipis sampai sedang dan tinggi 100-250 meter di atas puncak kawah. Sementara angin bertiup lemah ke barat.

“Hasil pantauan dari pukul 06.00 Wita – 12.00 Wita, 17 kali gempa letusan, 22 kali gempa hembusan dan 5 kali gempa harmonik,” ujar petugas PGA Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian, melalui keterangan tertulis, Jumat pagi (8/4/2022).

Baca juga: Bahaya Rup Current (Arus Pecah) saat Berwisata di Pantai 

Dijelaskannya pula, dalam tingkat aktivitas level III (siaga), masyarakat sekitar maupun pengunjung, diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok. Sebab potensi bahaya abu vulkanik bisa mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) dan masalah kesehatan lain.

Selain itu, masih katanya, warga yang menetap di sekitar aliran sungai diharap mewaspadai ancaman lahar, khususnya ketika saat hujan.

"Diharapkan pula, seluruh pihak turut ikut menjaga kondusivitas situasi di Pulau Lembata, tidak menyebarkan cerita bohong (hoax) dan tidak kepancing isu tentang erupsi Lewotolok yang tidak jelas sumbernya," pungkasnya.


Penulis: tim localtrip