Desa Tete NTB Wakili Indonesia di Ajang Kompetesi Internasional

Wisata Indonesia - Tahukah kamu apa nama Desa Tete? Mungkin ada yang belum mengetahuinya atau baru saja mendengarnya dan ada juga yang sudah mengetahuinya. Namun, Desa Tete benar-benar ada dan terletak di Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itu, desa cantik ini siap mewakili Indonesia di kompetisi internasional.

Tidak dapat dipungkiri bahwa wilayah timur Indonesia memiliki banyak daerah yang indah. Apalagi Desa Tete terletak di kabupaten Lombok. Siapa yang tidak kenal Lombok yang satu ini, daerah yang indah dan jika ke sana rasanya tidak ingin kembali lagi.

Perlu diketahui juga, bukan hanya namanya yang cukup unik. Namun, keindahan yang ada di dalamnya juga bisa diekspresikan dengan indah. Apalagi desa ini juga siap mewakili Indonesia dalam kompetisi Desa Wisata Terbaik UNWTO 2021. Jika sudah siap, berarti desa tersebut siap bersaing di kancah internasional untuk mendapatkan yang terbaik.

Memang pembangunan suatu daerah yang terkenal bisa dimulai dari desa. Semua itu juga harus diperhatikan oleh pemerintah agar pembangunan di desa dapat diprioritaskan. Apa yang dilakukan desa Tete juga patut diapresiasi. Sebab, mereka berusaha untuk mempromosikan wilayahnya dan sekaligus Indonesia di mata dunia.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan, NTB telah menyerahkan kelengkapan dokumen untuk mengikuti ajang Best Tourism Village 2021 yang digelar UNWTO.

Artinya Desa Wisata Tetebatu-Lombok telah resmi terdaftar melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, sesuai dengan ketentuan lomba Kemenparekraf atas nama pemerintah pusat, berhak mendaftar ke UNWTO, "Kata Yusron dalam sebuah pernyataan. /7/2021).

Hal seperti ini juga bisa dianggap sebagai langkah yang baik bagi perkembangan pariwisata di NTB, juga Indonesia. Jadi lebih baik lagi, langkah seperti itu harus didukung oleh pemerintah pusat untuk memaksimalkan dan membanggakan Indonesia.

Desa yang terletak di Kabupaten Sikur, Lombok Timur, NTB ini bisa dibilang sebagai desa wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika desa ini menjadi salah satu contoh desa penyangga untuk memaksimalkan wilayahnya. Selain itu, desa ini memiliki banyak sejarah serta keindahan alam yang memikat mata.

Maka tak heran jika desa ini siap mewakili Indonesia di kancah internasional. Sebab, mungkin pemerintah daerah sudah memikirkannya dengan matang. Namun, jika melihat letak geografis desa ini, bisa dibilang layak untuk menyelenggarakan kompetisi ini. Bukan karena desa ini berada di bawah lindungan Lombok Timur saja, tetapi jika melihat sejarah desa ini juga pernah menjadi tempat wisata asing sejak dulu. Bagaimana indah, bukan?

Bahkan, Desa Tete atau lebih tepatnya Desa Tetebatu juga telah menyediakan video pendek untuk mendukung persyaratan pendaftaran. Karena itu, pemerintah di sana yakin dan yakin Tetebatu bisa mewakili Indonesia di kompetisi internasional. Memang, hal-hal seperti ini merupakan anugerah bagi kemajuan pariwisata dan akan luar biasa jika misalnya Anda bisa menang.

“Kami yakin Tetebatu akan mewakili Indonesia di ajang bergengsi dunia. Semoga bisa menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia di tengah wabah,” kata Yusron.

Tentu saja, banyak pemimpin lokal yang mendukung Desa Tetebatu dengan standar internasional. Bisa juga dikatakan bahwa agar Tetebatu menjadi destinasi wisata internasional, promosi seperti itu perlu diikuti. Hanya membayangkan! Daerah ingin terkenal, tapi daerah tidak mau promosi maka tidak akan ada. Itu yang mungkin tidak diinginkan desa ini karena ingin internasional sehingga harus berpromosi.

Ahyak Mudin selaku Ketua Himpunan Desa Wisata NTB mengatakan, “Tetebatu pertama kali dikenal masyarakat dunia berkat wisatawan Belanda pada tahun 1965. Tetebatu juga menjadi pusat akomodasi bagi wisatawan asing yang singgah di Lombok Timur. Sekarang bisa kita lihat kemajuan Tete Batu. Tetebatu menjadi pendorong berdirinya puluhan desa wisata di sekitarnya,” jelas Ahyak.

Kemudian beliau mengatakan, “Dengan berbagai keunggulan dan keindahannya, kami berharap Desa Tetebatu dapat menjadi pemenang dalam kompetisi desa wisata kelas dunia ini,”.

Tentunya dengan niat seperti itu, bisa menjadi langkah awal pengembangan destinasi wisata di Desa Tetebatu. Sebab, langkah ini bisa dikatakan bagus untuk perkembangan pariwisata hingga terkenal di luar negeri. Namun, harus diingat! Dalam kompetisi ini harus dipersiapkan secara matang dan itu juga direncanakan akan dipersiapkan dengan matang oleh Dinas Pariwisata NTB.