Waduk Darma Kuningan dan Misteri Belut Putih


Wisata Indonesia -  Tempat wisata ini berada di kawasan Kuningan, lebih tepatnya di Kabupaten Darma. Sungguh, tempat wisata yang indah untuk menemani liburan saat pikiran sedang kacau. Tidak hanya itu, karena tempat ini cukup murah untuk tiket masuknya. Namun, bisa juga dilihat dari luar atau tidak di dalam tempat wisata. Sebab, lokasinya berada di pinggir jalan utama provinsi. Meski demikian, aksesnya kini ditutup karena perjalanan dipindahkan ke jalan baru di sebelahnya. Sehingga jalan di tepi waduk hanya dioperasikan untuk pariwisata.
Lalu, apa nama tempat wisata tersebut? Namanya Waduk Darma Kuningan. Tahukah Anda Waduk Darma? Atau pernah ke tempat ini? Apa kesan pertama Anda ketika mengunjungi tempat ini? Mungkin sebagian orang akan terkesima saat melihat Waduk Darma ini. Perlu diketahui, waduk ini dibuat untuk menelan sawah di sembilan desa. Bagaimana, bisa dibilang besar, kan?
Tempat ini juga menjadi tempat wisata bagi warga di ujung Kuningan. Tak hanya dari warga Kuningan saja yang sering berkunjung ke sini, namun warga yang berada di ujung Majalengka yang dekat dengan Kuningan pun kerap berlibur ke tempat ini, misalnya Cikijing dan sekitarnya. Memang harus diketahui secara kasat mata bahwa waduk ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang paling indah untuk dilihat.

Sangat beruntung karena daerah ini memiliki tempat yang bisa dibilang bersejarah. Sebab, Waduk Darma ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk mengembangkan kawasan ini. Tak jarang setiap menjelang hari raya atau fase liburan sekolah, tempat tersebut selalu penuh. Bahkan, malam hari di bulan Ramadhan juga sering dijadikan tempat hang out. Alangkah indahnya, jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda harus berbicara dengan sopan karena ada misteri yang mengintai di tempat ini.
Harus tahu juga! Tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk orang yang sering mencari tempat dengan foto-foto. Mengapa begitu pantas? Di sini banyak yang bisa dijadikan tempat untuk foto-foto, mulai dari pemandangan khas air di waduk dan lain-lain. Namun, satu hal lagi jika Anda pergi ke tempat ini lebih baik Anda membawa makanan sendiri agar Anda bisa fokus untuk liburan.
Salah satu atraksi yang tak luput dari misteri yang beredar. Oleh karena itu, Waduk Darma juga memiliki misteri yang tersebar di masyarakat. Mungkin hal-hal seperti ini menjadi pengingat atau pengetahuan bagi masyarakat untuk berhati-hati saat berkunjung ke tempat ini. Tidak hanya itu, beberapa orang percaya misteri ini dan beberapa mungkin tidak.
Apa saja misteri di Waduk Darma Kuningan? Jika menurut kabar yang beredar bahwa di waduk ini terdapat misteri belut putih yang sangat besar. Saya tidak tahu ukurannya, tetapi yang beredar dari kerumunan adalah belut itu berwarna putih dan besar. Namun, bahkan dalam kasus ini, orang-orang pada awalnya tidak percaya bahwa hal seperti itu ada. Sehingga mereka pun memancing belut dengan menggunakan kerbau dan akhirnya kerbau tersebut di telan oleh belut putih yang besar. Nah, dari kejadian itu orang tidak berani lagi mencari belut putih besar.
Lalu, ada misteri lain yang berkeliaran di Waduk Darma ini, yaitu adanya misteri cikurubuk dan misteri munculnya bangke. Mengapa disebut demikian? Kalau menurut orang sana cikurubuk itu pusaran air di tengahnya. Namun, lokasi pastinya belum diketahui. Kemudian jika muncul bangke, itu adalah jika seseorang tenggelam dan menurut warga jika tenggelam adalah akibat dari cikurubuk. Setelah itu, pria yang tenggelam itu muncul ke permukaan. Nah, di situlah pendatang baru itu disebut munjul bangke. Karena sudah menjadi mayat.
Memang, tempat wisata tersebut tidak akan lepas dari kisah-kisah misteriusnya. Namun, semua itu bisa menjadi kearifan lokal yang mungkin sulit untuk dibuang. Oleh karena itu, misteri seperti ini harus menjadi pengingat bagi orang-orang saat mereka berlibur ke tempat tujuan. Sebab, salah satu hal yang bisa menjaga diri adalah dengan memiliki sifat hati-hati yang mendarah daging di dalam hati.