Yadnya Kasada 2021 Dilakukan Secara Terbatas

Upacara Yadnya Kasada. Foto: istimewa


Peringatan Yadnya Kasada 2021 pada 25 Juni 2021 kemarin dilakukan tertutup untuk umum. Tak hanya itu, jumlah masyarakat Suku Tengger yang masuk ke kawasan pun juga dibatasi karena pandemi covid 19 yang belum mereda.

Baca juga: Menguak Sejarah dan Aktivitas Malam Sarkem

Diketahui, Yadnya Kasada adalah ritual di kawah Gunung Bromo yang digelar setahun sekali setiap bulan Kasada hari ke-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger.

Upacara Yadnya Kasada digelar tepat saat bulan purnama menerangi kawah Bromo.

Baca juga: Nikmati Pesona Gunung Bromo Tanpa Rapid Test Antigen

Aneka persembahan, mulai dari makanan, hasil pertanian hingga ternak seperti ayam dan kambing, dilarung ke dalam kawah sebagai persembahan kepada Dewa Brahma.

Sebelum melarung persembahan atau sesaji, masyarakat Suku Tengger menggelar doa di Pura Luhur Poten yang berada di kaki Gunung Bromo. Lantas, aneka makanan diletakkan di bibir kawah.

Sesaji yang dilarung ke Kawah Bromo diperebutkan oleh puluhan orang usai dukun, tokoh masyarakat dan warga Suku Tengger memanjatkan doa meminta keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan.

Masyarakat Tengger mempercayai upacara itu harus dilakukan rutin setiap tahun agar terhindari dari musibah serta diberikan kemakmuran oleh leluhur.


Artikel ini disusun oleh localtrip