Kenapa Sulit Menemukan Kucing Belang Tiga Berkelamin Jantan?

Kucing belang tiga. Foto: istimewa


Pecinta kucing pasti bingung. Mengapa, kucing belang tiga hanya bisa ditemukan di kucing betina saja. Sementara, sulit sekali mencari kucing belang tiga berjenis kelamin jantan. Bahkan, beredar mitos jika kucing jantan belang tiga bisa membawa keberuntungan.

Baca juga: 179 Jenis Burung di Indonesia Terancam Punah

Misalnya, di mitos Jawa, kucing belang telon dipandang memiliki kekuatan mistis yang kuat. Bahkan, di banyak negara ada sebutan khusus bagi kucing belang tiga. Seperti di Perancis dipanggil chatte d'Espagne. Sementara di Jepang disebut mi-ke. Ada kepercayaan, memelihara kucing jantan belang tiga akan membawa keberuntungan finansial.

Dilansir dari kompas.com, Guru Besar IPB University sekaligus Geneticist, Pemerhati Pendidikan dan Budaya Prof. Ronny Rachman Noor menjelaskan, bahwa fenomena genetik yang menjadi misteri pada kucing belang tiga atau dalam dunia perkucingan dikenal sebagai kucing Calico. 

Masih kata Prof. Ronny, kucing domestik memiliki jumlah kromosom sebanyak 38 buah. Kromosom ini di setiap sel tubuhnya ada dalam keadaan berpasangan yaitu 19 pasang.

Baca juga: Ungkap Rahasia Matinya Gurita, Sesaat Setelah Perkawinan

Diantara 19 pasang krosomom yang dimiliki oleh kucing ini, ada 18 pasang yang disebut dengan kromosom autosom (autosomal chromosome) dan sepasang kromosom sex (sex chromosome). Pasangan kromosom ini didapat separuhnya dari pejantan dan separuhnya lagi dari induknya.

Jadi seekor kucing jantan akan memiliki 18 pasang kromosom autosom dan sepasang kromosom sex (X dan Y; bisanya dinotasikan sebagai XY), sedangkan kucing betina memiliki 18 pasang autosom dan sepasang krosomosm sex (X dan X; dinotasikan sebagai XX).

“Warna Calico melibatkan beberapa mekanisme pewarisan sifat yang terletak di kromosom autosom dan kromosom sex. Warna yang paling umum terlibat adalah warna merah dan hitam atau pengganti warna merah dapat saja berupa warna lain yaitu orange, kuning dan cream, sedangkan warna hitam dapat saja berupa warna lain yaitu coklat, tabby dan biru,” ujarnya.


Sumber: Kompas