Tak Hanya Danau, Pulau Baru Juga Terbentuk Pasca Badai Siklon Seroja di NTT

Pulau baru yang muncul di Nusa Tenggara Timur (NTT) pasca Siklon Tropis Seroja. Foto: istimewa


Pulau baru muncul di wilayah Dusun Sai, Desa Tolama, Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao, NTT, ada Minggu, 5 April 2021.

Pulau yang terbentuk dari gundukan pasir dan batuan tersebut berjarak sekitar 200 meter dari pantai.

Baca juga: Danau Baru Muncul di Kupang Pasca Diterjang Badai Siklon

Dikutip dari kompas.com, Camat Loaholu, Jemi Oktovianus Adu, mengatakan pulau berbentuk memanjang, berpasir putih, dan banyak batu karang itu muncul, setelah Badai Siklon Seroja yang melanda Kabupaten Rote Ndao sejak 4 hingga 6 April 2021 lalu.

Jemi juga mengatakan, aparat desa dan warga setempat telah mengukur panjang pulau secara manual dan didapatkan data, pulau tersebut memiliki panjang sejauh 152 langkah kaki. 

Karena munculnya pulau tersebut bersamaan dengan Hari Paskah, pulau tersebut rencananya akan dinamakan Pulau Paskah. Selain Paskah, julukan Seroja juga muncul sebagai usulan untuk nama pulau baru tersebut. 

Baca juga: Pesona Desa Liang Ndara

Namun juru bicara pemerintah Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu, mengatakan sebagian warga mengusulkan nama Pulau Seroja, tapi nama itu ditolak banyak orang "karena mereka mengenal seroja sebagai serangan roh jahat."

Mengenai nama pulau yang baru muncul ke permukaan itu, Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil masih belum memastikannya. Kementerian Kelautan dan Perikanan terlebih dahulu harus memvalidasi, dan memverifikasi nama pulau bersama pemerintah daerah. 

Sebelumnya juga, Kementerian harus memastikan daratan yang timbul masuk kategori pulau berdasarkan definisi konvensi hukum laut internasional (UNCLOS). 

Dalam definisi konvensi itu, daratan masuk kategori pulau apabila terbentuk secara alami dan tak tenggelam ketika air pasang.


Artikel ini disusun localtrip dari berbagai sumber