Danau Baru Muncul di Kupang Pasca Diterjang Badai Siklon

Danau baru di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Foto: istimewa


Fenomena alam menarik terjadi pasca badai Siklon Tropis Seroja yang menerjang Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang beberapa waktu lalu. Di lokasi tersebut, muncul danau baru seluas sekitar 2 hektare. 

Baca juga: Tanah Kuburan Tua di Sumbar Tiba-tiba Meninggi

Bahkan, warga setempat mengatakan, lokasi danau baru itu awalnya adalah kebun sayur.

Dilansir dari Kompas com, Mikhael Lakapu, salah seorang warga menceritakan, sebelum muncul danau, dirinya merasakan tanah di sekitar mata air bergetar.

Lalu, setelah getaran tersebut, muncul 7 mata air yang ada di tebing yang menyebabkan terjadinya genangan.

Baca juga: (Video) Buaya Berwarna Keemasan Gegerkan Warga Kolaka

"Awalnya, ada getaran di dekat mata air, habis itu langsung keluar air besar, akhirnya sampai meluap di kebun sayur itu," tutur Mikhael.

Dia hercerita, selama puluhan tahun tinggal di kawasan itu, belum pernah mengalami peristiwa seperti ini.

"Kejadian ini baru pertama kali terjadi sehingga kami sangat khawatir akan munculnya bencana baru karena ketinggian air terus bertambah," katanya.

Dikutip dari liputan6, Herry, Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Argo Ekologi Universitas Nusa Cendana (Undana), menyatakan Kota Kupang merupakan daerah bertopografi karst dengan tingkat keterjalan yang tinggi serta cekungan dan tonjolan dan bukit berbatu yang tidak beraturan serta memiliki aliran bawah tanah dan adanya gua memiliki potensi adanya pembentukan danau.

Namun demikian, terang Herry, danau di Kelurahan Sikumana itu diperkirakan akan kembali mengering saat wilayah NTT masuk musim kemarau pada Oktober mendatang.


Artikel ini disusun oleh local trip dari berbagai sumber