Fenomena Super Pink Moon Bakal Hiasi Ramadan 2021

Ilustrasi fenomena Supermoon. Foto: Joel Kowsky/NASA

Fenomena "Super Pink Moon" bakal terjadi pada bulan Ramadhan 1442 H/2021 M. Dikutip dari situs NASA, yang dimaksud dengan pink moon adalah fenomena Bulan purnama atau Bulan penuh (full moon) yang muncul pada April.

Baca juga: Fakta-Fakta Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang di Selat Bali

Fenomena Bulan purnama tersebut akan terjadi pada Senin, 26 April 2021, muncul di seberang Matahari dalam garis bujur berbasis Bumi pada pukul 11:32 malam EDT. 

Jika berdasarkan kalender komersial yang didasarkan pada zona waktu Greenwich Mean Time (GMT) atau Coordinated Universal Time (UTC), fenomena bulan purnama ini terjadi pada Selasa, 27 April 2021. Bulan akan tampak penuh selama sekitar tiga hari sekitar waktu ini, mulai Minggu malam (25 April) sampai Rabu pagi (28 April).

Baca juga: Fakta-Fakta Jatuhnya Meteorit di Lampung Tengah

Bulan purnama pada April ini adalah yang salah satu dari dua supermoon pada tahun 2021. Istilah "supermoon" diciptakan oleh astrolog Richard Nolle pada tahun 1979 dan mengacu pada Bulan baru atau Bulan purnama yang terjadi ketika Bulan berada dalam jarak 90% dari perigee, posisi terdekatnya dengan Bumi.

"Beberapa publikasi menggunakan ambang yang sedikit berbeda untuk memutuskan Bulan purnama mana yang memenuhi syarat sebagai supermoon. Namun untuk tahun 2021 semua sepakat bahwa dua Bulan purnama di bulan April dan Mei adalah supermoon," kata Gordon Johnston, ilmuwan sekaligus pejabat eksekutif NASA, dilansir dari nationalgeograpich.

Oleh karena fenomena ini berbarengan dengan fenomena supermoon, maka bulan purnama pada April ini disebut juga super pink moon. Namun, meski terdapat kata pink, warna bulan purnama pada April ini bukanlah merah muda, melainkan cenderung jingga.

Bulan Ramadan tahun 2021 ini sungguh menarik, setidaknya bagi umat Islam. Karena selain ada malam seribu bulan, akan ada juga fenomena Super Pink Moon di bulan Ramadan kali ini.


Sumber: nationalgeograpich