Laguna Tersembunyi di Sumba

Laguna Weekuri di Sumba

Danau Weekuri yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang sangatlah unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Baca juga: Indonesia Cocok Jadi Destinasi Wisata Uji Nyali

Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Danau Weekuri banyak dilirik oleh traveller.

Danau ini merupakan danau yang sangatlah unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Sebenarnya danau ini adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air lautan lepas yang berada di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah-celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitaran danau. Selain sifat air payau yang dibawa dari laut, uniknya lagi di danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air di danau ini bervariatif, yaitu ada yang berwarna biru cerah, biru sedikit kehijau-hijauan bahkan ada yang rasanya hangat dan ada yang dingin.

Baca juga: Kolam Cinta di Gunung Puntang Dipercaya Langgengkan Hubungan

Kadar garam yang tinggi di danau ini yang berada di Kabupaten Sumba Barat Daya ini, mampu mengapungkan tubuh traveller yang berenang. 

Nama Weekuri diambil dari bahasa Sumba yang berarti air hasil serapan karang yang menerobos ke daratan kemudian membentuk danau. Dalam danau ini sekitar 2,5 meter dan dikelilingi oleh karang kokoh berwarna cokelat juga banyak bebatuan eksotis dan membuat mata terpanah.

Selain dapat menikmati keindahan Danau Weekuri dengan bermain air ataupun berenang, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajahi keindahannya dari ketinggian.

Akses menuju lokasi, dri Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat) atau Tambolaka (ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya), traveller dapat menempuhnya dengan menggunakan motor atau mobil. Jika traveller menggunakan kendaraan umum, untuk menjangkau kawasan danau dapat terlebih dahulu menyewa kendaraan bermotor baik motor/ mobil di Tambolaka atau Waikabubak dan menempuh sekitar 60 km dari Tambolaka yang merupakan ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya.


Penulis: Tim Local Trip