Mengenal Noken, Warisan Budaya Dunia Asal Papua

Masyarakat Papua menggunakan Noken untuk membawa dagangannya. Foto: istimewa

Papua merupakan salah satu wilayah nusantara yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Tak hanya itu, Papua juga kaya dengan berbagai karya tradisional. Salah satunya adalah karya tradisional mereka. Salah satu karya tradisional yang terkenal di Papua adalah Noken. 

Noken adalah tas tradisional dari Papua. Hebatnya Noken ini telah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Pengetahuan , dan Budaya Dunia, PBB UNESCO sebagai warisan budaya dari Papua pada 4 Desember 2012. 

Baca juga: Tak Hanya di Australia, Papua Juga Ada Kanguru

Keberadaan Noken ini tidak hanya diakui PBB, bahkan Noken pernah menjadi Google Doodle pada 4 Desember 2020 lalu.

Google doodle 4 Desember 2020.
Foto: istimewa

Noken adalah tas tradisional asal Papua dan telah diajarkan secara turun temurun oleh para wanita di Bumi Cenderawasih itu. Tas ini juga merupakan sebuah karya tradisional berbahan dasar dari alam, yakni serat pohon Yonggili dan Huisa yang banyak tumbuh di hutan-hutan Papua, yang dipintal menjadi benang atau tali yang kuat setelah melalui proses pembakaran dan perendaman.

Sebelum dianyam ada juga yang diwarnai dengan pewarna alami. Dari proses ini diperolehlah sebuah tas tradisional yang tahan lama dan kuat.

Noken ini tidak hanya digunakan oleh perempuan, tetapi juga laki-laki. Uniknya jika tas pada umumnya yang kita kenal ditaruh dipundak atau di tangan, Noken ini dipakai dengan menggunakan kepala.

Baca juga: Mengenal Suku-suku di Papua

Kegunaan Noken adalah untuk membawa barang-barang sehari-hari di Papua. Tas unik ini bisa untuk membawa hasil pertanian, perkebunan, hasil laut, barang belanjaan, kayu, uang, sirih, hewan kecil hingga bayi. 

Wanita Papua saat merajut serat pohon menjadi Noken.
Foto: quora

Tas ini bukan hanya untuk membawa barang, tetapi juga bisa untuk menyimpan barang di rumah. Jika tidak digunakan untuk membawa barang, Noken kerap kali digunakan sebagai penutup kepala. 

Bagi masyarakat Papua, arti Noken bukan hanya sebagai alat pembawa barang, tapi sangat berkaitan dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh nenek moyang yaitu sebagai simbol persatuan Papua yang terdiri dari sekitar ratusan suku.


Disusun local trip dari berbagai sumber