Mengenal Suku-Suku di Papua

Distrik Mulia, Papua Foto: Wikimedia

Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Nugini bagian barat atau west New Guinea. 
Cerita tentang Papua rasanya tak pernah habis. Selalu ada hal yang baru orang tahu, bahkan para peneliti saja masih terus melakukan penelitian di Bumi Cendrawasih tersebut.
Alamnya menyimpan banyak keindahan, dari bawah laut sampai puncak gunung. Ratusan sukunya punya budaya dan adat masing-masing. Peninggalan-peninggalan sejarah lainnya pun masih belum banyak diteliti. Berikut Local Trip rangkum beberapa suku-suku yang ada di Papua.

Suku Manem
Orang Manem mendiami Papua Barat bagian timur laut, dekat daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, di sebelah selatan kota Jayapura. Desa-desa mereka adalah Yeti, Wembi, Kibai, Uskuar, Griku, Skotiaho dan Skofro, dalam wilayah Kecamatan Arso. 

Suku Manikion
Suku bangsa ini mendiami daerah Kepala Burung Pulau Irian, di sebelah selatan kota Manokwari, di sebelah timur wilayah suku bangsa Meyak. Wilayahnya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Bintuni, Anggi, Merdei dan Ransiki. Mereka sendiri menyebut dirinya orang Sough. Desa-desa mereka antara lain Hoktu, Ira, Siwi, Aromi, Kofo, Testega, Ugarameta, Tuhoko, Mioguda, Timoforo, Maruru, Mesi, Hukbya dan Taigehi.

Suku Mekwai
Suku bangsa Mekwai bermukim di sebelah barat Danau Sentani, di sebelah utara Tanah Merah. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sentani, Jayapura. Nama lainnya Mooi, Moi, Moire, Menggei, Munggai, Mungge, Mengwei, Munkei. Desa-desa yang mereka tinggali antara lain Kendate, Wandadaya, Buyanggana, Kwnatemei, Waibron, Dozei, Weisamen, Maribu, Demenggong, Sabron, dan Sabeyao Besar.

Suku Meninggo
Suku bangsa ini berdiam di bagian tenggara Kepala Burung pulau Irian, di sebelah barat wilayah orang Manikion atau Sough, dan di bagian hulu sungai Wariori. Daerah persebaran mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Merdei, Kabupaten Manokwari.

Suku Momuna
Mereka mendiami daerah dataran tinggi di bagian selatan Pegunungan Jayawijaya, di sebelah selatan Wamena. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Suku bangsa lain menyebut mereka orang Somage. Desa-desa mereka antara lain Sum, Dekai, Moruku, Indama, Tuwo.

Suku Ndugwa
Nama lain suku bangsa ini adalah Nduga. Mereka berdiam di dataran tinggi, Pegunungan Jayawijaya bagian tengah, yaitu di sebelah selatan wilayah orang Dani Barat dan di sebelah utara Wilayah orang Asmat. Desa-desa mereka adalah Akimuga, Mapnduma dan Tanga. Semuanya terletak di wilayah Kecamatan Tiom, Jayawijaya.

Suku Nisa
Suku bangsa Nisa berdiam di pedalaman Papua, yaitu di sebelah timur Teluk Cendrawasih atau di sekitar Danau Nisa. Daerah ini berada dalam wilayah Kecamatan Waropen Bawah, di Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua. 

Suku Papasena
Suku bangsa ini mendiami daerah berdanau-danau (Lake Plain) di sebelah hilir Sungai Tariku (Idenburg), kia-kira di sebelah barat percabangannya dengan Sungai Taritatu (Rouffaer). Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Memberamo Hulu dan Tor Atas, kabupaten Jayapura.

Baca juga: Tradisi Kawin Tangkap ala Sumba

Suku Papuma
Suku bangsa ini mendiami sebuah desa di pantai selatan Pulau Yapen yang terletak di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua. Bahasa mereka termasuk kelompok bahasa Austronesia. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Barat, Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua.

Suku Riantana
Suku bangsa ini mendiami sebagian Pulau Kolepom (Yos Sudarso) di Papua Barat bagian selatan. Daerahnya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kimam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Desa-desa mereka adalah Suam, Yaumuka, Iramoro, Konjobando, Kava, dan Yeraha. 

Suku Roon
Suku bangsa ini mendiami Pulau Roon yang terletak di Teluk Cendrawasih (Gelvink Bay) sebelah barat, yaitu di ujung Tanjung Mangguar (Wandamen). Daerah ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Wasior, Kabupaten Manokwari.

Suku Sangke
Orang Sangk berdiam di daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini di sebelah tenggara kota Jayapura. 

Suku Arandai
Suku bangsa Arandai atau Yaban berdiam di bagian tenggara Kepala Burung pulau Irian, yaitu di sebelah barat Sungai Wariaga dan di sekitar daerah aliran Sungai Sebyar (Timoforo).
Beragam suku di Papua

Suku Arfak
Orang Arfak mendiami daerah Kepala Burung Irian, yaitu di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Wamare, Kabupaten Manokwari. 

Suku Arguni
Orang Arguni berdiam di pantai barat laut Semenanjung Bomberai dan di sebuah pulau kecil yang terletak di teluk Berau dalam wilayah Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak.

Suku Sasawa
Suku bangsa ini mendiami daerah aliran Sungai Apawar bagian tengah, yaitu di wilayah utara Papua, di sebelah tenggara Sarmi. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Jayapura.

Suku Sause
Orang Sause mendiami daerah sebelah barat daya Danau Sentani, di sebelah barat laut Lereh, yaitu di desa Ures, Mubaron, Bokoko, Witi Yadow, Lidia, dan Puaral. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Suku Sawi
Suku bangsa ini mendiami daerah bagian selatan Papua Barat, yaitu di sebelah hulu Sungai Fayit. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Pantai Kasuari (Pirimapun) dan Atsy, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Pemukiman mereka sebagian bercampur dengan pemukiman orang Asmat. Desa-desa mereka antara lain: Bawor, Kagami, Tambor, Ero-Sato, Minahai, Comoro, Uyar-Kagas, Sanepay, Isaip, Esobor, Wiagas, Saremit, Kamur, Kainum. Nama lain dari suku ini adalah Sawuy/Aeyaroh.

Suku Seget
Orang Seget berdiam di daerah Kepala Burung Papua, yaitu di sebelah barat daya kota Sorong, di sebelah barat wilayah orang Moi. Desa-desa mereka adalah Sailolof, Walian, Segum dan Seget. Daerah itu termasuk Kecamatan Seget, Kabupaten Sorong.

Suku Sekar
Orang Sekar termasuk salah satu dari sekian banyak suku bangsa kecil yang mendiami Semenanjung Bomberai. Daerah mereka terletak di sebelah barat daya, yaitu di wilayah Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak.

Suku Seko
Orang Seko, Sko atau Seka berdiam di daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, kira-kia di pesisir timur laut muara Sungai Tami. Desa-desa mereka adalah Sko-Yambe, Sko-Mabo, dan Sko-Sai, dalam wilayah Kecamatan Abepura Kota Jayapura.

Suku Sela
Suku bangsa ini berdiam di sebelah selatan dan tenggara daerah orang Korapun di kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya. Suku ini masih satu kelompok dengan suku bangsa Koropun.

Suku Semimi
Orang Semimi mendiami daerah bagian selatan leher Burung Pulau Papua, yaitu di sekitar Teluk Etna, sampai ke arah Teluk Triton. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Teluk Etna, Kabupaten Fakfak.

Suku Sempan
Orang Sempan mungkin masih bagian dari suku bangsa Mimika. Mereka berdiam di daerah pantai selatan Papua, yaitu di sekitar muara sungai Cemara, Blummel dan Armandville, antara Kokonao dan Agats. Jadi di sebelah timurnya berdiam orang Asmat dan di sebelah barat subsuku bangsa Kamoro. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Kokonao, Kabupaten Merauke, Papua Barat. Desa-desa mereka antara lain: Sumapero, Ipem, Wapu, Omawka, Moparawapi, Nateaymi, Farmapi dan Otokwa. 

Suku Sentani
Suk bangsa ini berdiam di wilayah Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura. Terutama di sekitar Danau Sentanu dan sebagian di kotamadya Jayapura. 

Suku Serui
Orang Serui atau Serui Laut atau Arui berdiam di Pulau Yapen bagian tengah, di Pulau Nau di sebelah selatan Pulau Yapen, dan di teluk Cendrawasih, Kecamatan Yapen Selatan, Yapen Barat dan Yapen Bawah. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kabupaten Yapen Waropen. 

Suku Simai
Simai adalah salah satu subsuku dari suku bangsa Asmat yang mendiami beberapa desa di Kecamatan Sawa, Agats, dan Atsy di bagian pedalaman Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Suku Sobei
Orang Sobei disebut juga orang Biga yang mendiami daerah pantai utara Papua sebelah barat, yaitu di sebelah timur Kecamatan Sarmi. Desa-desa mereka antara lain Sarmi, Sawar, Wakde, dan Bugiserwar. Daerah tersebut termasuk Kecamatan Sarmi, Kabupaten Jayapura.

Suku Suabau
Orang Suabau atau Suabo menggunakan bahasa Inanwatan, mendiami daerah pesisir selatan Kepala Burung Pulau Papua, di ujung Teluk Berau. Daerah tersebut termasuk wilayah Kecamatan Inanwatan, Kabupaten Sorong.

Suku Syiaga-Yenimu
Suku bangsa Syiaga atau Yenimu ini berdiam di Papua bagian tenggara, tidak jauh dari pantai selatan, di sebelah utara dari bagian hilir Sungai Digul, di sebelah utara dan barat laut wilayah orang Marind Anim. Daerah ini termasuk wilayah kecamatan Jair, Kabupaten Merauke, Papua Barat.


Artikel ini disusun Local Trip dari berbagai sumber