Patok Lele (Nyaris) Punah

Permainan patok lele. Foto: google image

Travelling ke berbagai daerah di nusantara rasanya belum lengkap bila tidak mengenal juga berbagai permainan tradisional. Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Tapi Indonesia juga dikenal memiliki kekayaan budaya. Termasuk di dalamnya adalah Indonesia memiliki kekayaan permainan tradisi yang menjadi ciri khas.

Kali ini, local trip akan membahas permainan asli nusantara Patok Lele atau ada yang menyebutnya Patil Lele.

Patok lele merupakan permainan asli nusantara dan tersebar di berbagai daerah.

Baca juga: Jelajahi Desa Penari yang Viral di Medsos

Patok lele menggunakan dua alat utama, yakni kayu kecil dan kayu panjang (biasanya berukuran dua kali dari kayu kecil). Kayu kecil tadi berfungsi sebagai "anak", sementara kayu besar untuk pemukul. Kayu pemukul dipilih lebih kuat dari kayu "anak". 

Cara bermainnya, Pertama, anak patok lele diletakkan pada lobang tanah dengan salah satu ujungnya berada di luar lobang. Kemudian dengan menggunakan tongkat patok lele, ujung kayu anak patok lele dipukul hingga terpental vertikal. Kemudian anak patok lele yang terpental tersebut dipukul sekuat tenaga ke depan. Sehingga anak patok lele terpental sejauh-jauhnya.

Lihat di mana titik jatuhnya anak patok lele tersebut. Ukur jarak antara lobang dan posisi jatuh anak patok lele tersebut dengan menggunakan tongkat patok lele. Jumlahnya merupakan nilai poin yang diperoleh oleh pemain yang melakukan pemukulan tadi. Pemain atau group yang paling banyak mengumpulkan poin, merekalah yang menang.

Sungguh asyik dan menyenangkan memainkan permainan tradisional. Kini saatnya bagi orang tua untuk kembali mengajarkan aneka permainan anak tradisional. Selain mendidik keterampilan, ketangkasan dan kekuatan fisik, permainan tradisional itu juga lebih murah biayanya.


Kontributor: Khoiriyah