Daya Tarik Pulau Putri yang Memikat

Pulau Bawean. Foto: ASDP

Pulau Bawean, yang sering disebut Pulau Putri ini, menyimpan beragam daya tarik. Di antaranya adalah Danau Kastoba yang bisa Anda nikmati dengan berenang. Ada pula spesies rusa endemik di Bawean, yaitu Axis kuhli. 

Pulau Bawean ini merupakan gugusan kepulauan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik sebelah utara. Untuk mencapai pulau yang berjarak 120 km dari kota Gresik ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam bila ditempuh dengan menggunakan kapal cepat atau 8 jam dengan menggunakan kapal biasa. Berikut Local Trip ulas tentang spot indah di kepulauan Bawean.

Baca juga: Gunung Agung Tak Bisa Didaki Sembarangan

Danau Kastoba

Berenang di danau Kastoba yang berada di tengah-tengah pulau. Foto: Google Maps/Ian Muhamad
Danau Kastoba terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak. Perjalanan dari Pelabuhan Sangkapura menuju Danau dihiasi oleh pemandangan bukit dan sawah yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena berupa jalan setapak dan berada di hutan. Bila musim hujan, sobat triper harus berhati-hati karena jalan setapak ini licin dan curam.

Setelah mencapai danau, sobat triper bisa merasakan kesegaran air danau dengan berenang di tepian danau yang dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil.

Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar merupakan pulau kecil yang berjarak 4,5 km dari Pulau Bawean. Pulau ini masih bagian dari Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura. 

Pantai di Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar memiliki keindahan pemandangan alam bawah laut. Sobat triper dapat melihat aneka bunga karang dan ikan laut. Untuk menikmati pemandangan laut ini, sobat triper harus mempersiapkan peralatan snorkeling dan kamera underwater. 

Rusa Bawean

Penangkaran Rusa Bawean awalnya merupakan milik pribadi masyarakat Bawean yang kemudian dibeli oleh pemerintah. 

Rusa Bawean merupakan spesies asli dan hanya ditemukan di pulau ini -Instagram/bawean_mbois

Rusa yang ada di penangkaran ini adalah rusa asli Bawean. Tak hanya rusa, ada juga spesies Babi Kutil yang langka, Babi Bagong dan Babi Jawa.

Konon, awalnya Rusa Bawean hanya ada dua ekor, kemudian terus berkembang menjadi 30 ekor. Di penangkaran ini, sobat triper bisa berinteraksi dengan memberi makan rusa pada jam-jam tertentu.

Air Terjun Laccar

Berada di Desa Kebun Teluk Dalam kecamatan Sangkapura, Air Terjun Laccar memiliki ketinggian 25m. 

Air terjun Laccar. Foto: Yogi Arief

Akses menuju tempat ini cukup mudah. Bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dan dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak selama 15 menit maka sobat triper sudah bisa menikmati air terjun ini.


Kontributor: Yogi Wicaksono