Sensasi Goa Purba di Desa Ngargoretno

Pegunungan Menoreh

Pegunungan Menoreh terbentang di wilayah barat Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sisi timur Kabupaten Purworejo, dan sebagian Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah.

Kali ini Local Trip akan mengeksplor hutan di pegununungan Menoreh dari sisi Kabupaten Magelang yang menyimpan Goa Marmer Purba yang terletak di Desa Ngargoretno adalah desa di kecamatan Salaman.

Pintu masuk Goa Purba. Foto: beritamagelang.id

Goa Purba itu baru ditemukan sekitar tahun 2006 dan tersingkap ke publik pada pertengahan tahun 2019 silam.
Untuk mencapai Goa Purba, sibat triper harus menaiki sekitar 287 anak tangga mulai dari pintu gerbang masuk wisata Museum Alam Marmer Merah Menoreh (Mami).


Di dalam goa dengan kedalaman mencapai 20 meter tersebut, terdapat ruangan setinggi 2,3 meter dan ada satu lorong yang dahulu menjadi sarang kelelawar. Lokasi Goa Purba berada pada ketinggian 630 mdpl. 

Kesenian daerah di Desa Wisata Ngargoretno. Foto: m.bisnis.com

Setelah dikelola oleh Pemerintah Desa bersama masyarakatnya, kini ruang utama goa telah diterangi lampu. Goa Purba menjadi salah satu wahana alam yang ditawarkan obyek wisata Mami selain wisata edukasi yakni proses peternakan kambing, budi daya madu, marmer merah yang langka, serta kesenian daerah setempat yang cukup unik.

Di Goa Purba sobat triper akan mendapatkan sensasi imajinasi tentang bagaimana batu-batu marmer langka tumbuh besar. Dengan pemandangan sensasional Goa Purba di pegunungan Menoreh, edukasi yang disajikan, kesejukan udara pegunungan, dan kesenian daerah Desa Wisata Ngargoretno di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang yang unik ini, patut dimasukan dalam agenda perjalanan sobat triper.


Kontributor: Ilham Wahyudi