Pesona (Religi) Gunung Kawi

Gunung Kawi. Foto diambil dari Desa Balesari Kec. Ngajum

Mendengar nama Gunung Kawi, bagi sebagian orang kebanyakan diartikan dengan pesugihan atau hal-hal klenik. Gunung Kawi yang terletak di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, dan berada di ketinggian sekitar 2500 mdpl masih menjadi destinasi wisata favorit dari berbagai daerah. Tak bisa dipungkiri, hingga kini masih banyak orang yang menganggap, berkunjung ke Gunung Kawi berkaitan dengan hal-hal mistis terutama pesugihan. Padahal tidak sedikit pula traveller yang datang ke Gunung Kawi hanya untuk menikmati pesona alam dan kesejukan udaranya saja.

Memang, jika sudah diatas Gunung Kawi, agak sulit untuk membedakan antara pengunjung yang akan berziarah ke makam Eyang Djugo dan makam Eyang RM Iman Soedjono atau sekedar menikmati keindahan alam di sana.


Terlebih lagi pada hari-hari tertentu, misalnya hari Senin Pahing atau malam Jum'at Legi, yang konon merupakan waktu terbaik untuk berziarah di kedua makam tersebut.

Tidak hanya dari wilayah Malang atau Jawa Timur saja, ribuan pengunjung dari berbagai daerah di nusantara hingga mancanegara dari berbagai etnis, rela melalui jalan menanjak Gunung Kawi atau banyak yang menyebut sebagai "Kota Kecil Di Atas Gunung". Ramainya pengunjung di sini adalah salah satu bukti bahwa daya tarik Wisata Religi Gunung Kawi sangatlah besar. 

Gerbang menuju pemakaman

Beberapa sumber yang ditemui Local Trip mengungkapkan, pengunjung muslim yang datang ke sini meyakini bahwa kedua makam tersebut adalah makam "Wali". Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ornamen Islam di sekitar makam serta mushola di samping makam yang diyakini sebagai tempat ibadah Eyang Djugo (Kyai Zakaria) dan Eyang RM Iman Soedjono.

Tak hanya itu, sekitar 100 meter dari makam juga terdapat Masjid Agung Iman Soedjono. Bahkan di masjid ini sering diadakan acara keagamaan seperti pengajian akbar. 

Baca juga: Eksotis Tapi Mistis

Masih menurut sumber tadi, bagi pengunjung yang menganut aliran kepercayaan, kedua makam tersebut merupakan tempat persemayaman tokoh yang mempunyai 'linuwih' sempurna, atau tokoh yang sudah mencapai tingkatan tertinggi dalam menjalin hubungan dengan Gusti (Tuhan Pencipta Alam)

Rangkaian pegunungan Butak - Kawi - Panderman

Terlepas dari itu semua, keindahan Gunung Kawi, yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Butak-Kawi-Panderman, patut dimasukan dalam daftar perjalanan sobat triper.

Di Gunung Kawi, sobat triper akan mendapati pemandangan desa yang indah, yang hampir menyerupai Negeri Tiongkok di zaman dahulu.

Jika sobat triper berada di puncak Butak, mata sobat triper akan dimanjakan dengan pemandangan terbaik untuk menikmati pesona gunung lainnya, seperti Gunung Arjuno, Gunung Semeru dan Gunung Kelud. 


Reporter: Eni Sumiarsih